Gubernur Cek Kesiapan Sirkuit Mandalika Gelar WSBK

Gubernur NTB, H. Zulkiefliemansyah, menjajal lintasan Sirkuit Internasional Mandalika, Sabtu, 21 Agustus 2021 didampingi Kapolda NTB, M. Iqbal, Danrem 162/WB, Ahmad Rizal Ramdhani serta Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer. Gubenur NTB ingin memastikan kesiapan Sirkuit Mandalika menggelar event World Superbike, bulan November mendatang. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkiefliemansyah, mengecek langsung kondisi lintasan sirkuit internasional Mandalika, Sabtu, 21 Agustus 2021. Didampingi Kapolda NTB, Irjen. Pol. M. Iqbal, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani serta Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer, Gubenur NTB datang untuk memastikan kesiapan Sirkuit Mandalika menggelar event World Superbike, bulan November mendatang.

“Pengaspalan jalur lintasan balap sudah selesai. Tinggal penyelesaian beberapa fasilitas pendukung saja,” ujar Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, kepada wartawan di Kuta Beach Park. Ia menjelaskaskan, untuk beberapa fasilitas penunjang sipatnya tidak permanen. Ada yang knockdown atau bongkar pasang. Jadi ketika ada event balapan baru dipasang.

Iklan

“(Sirkuit) Sudah selesai sebenarnya. Tinggal beberapa fasilitas tambahan lagi,’’ katanya. Pihaknya pun mengaku optimis sirkuit internasional Mandalika siap untuk gelaran event balap World Superbike yang sudah masuk kalender event pada tanggal 12 sampai 14 November mendatang.

Pada kesempatan itu, Gubernur sempat berkeliling sirkuit. Sembari mengecek pekerjaan didalam area sirkuit jalan raya pertama di dunia untuk MotoGP tersebut. “Kita apresiasi kerja keras semua pihak yang telah mendukung. Sehingga sirkuit kebanggaan Indonesia ini bisa tuntas,” tandasnya.

Sirkuit Internasional Mandalika sendiri memiliki panjang lintasan 4,31 km. Dengan 17 tikungan, 6 tikungan ke kiri dan 11 tikungan kekanan. Dibangun dengan menghabiskan anggaran hingga Rp 1,3 triliun, menjadikan sirkuit Mandalika sebagai salah satu yang termahal di dunia.

Dibandingkan dengan sirkuit lainya, sirkuit Internasional Mandalika memiliki beberapa kelebihan. Dari sisi lintasan, sirkuit internasional Mandalika menggunakan Stone Matic Asphalt (SMA) yang menjadikan lintasan sangat keras. Hingga bisa memberikan tambahan tekanan terhadap ban motor pembalap. Hal itu membuat daya cengkram ban menjadi lebih yang tentunya kian memberikan rasa aman dan nyaman bagi pembalap ketika memacu sepeda motornya hingga kecepatan tertinggi.

“Sirkuit Mandalika ini bisa memberikan kecepatan bagi pembalap hingga 330 km, namun tetap aman. Karena material aspal lintasannya yang berbeda dari sirkuit kebanyakan di dunia lainnya,” ujar Dirut ITDC Abdulbar M. Mansoer, sebelumnya. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional