Gubernur Bicarakan Pengisian Pejabat Definitif

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc telah menerima tiga besar nama-nama calon dua Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemprov NTB. Terkait dengan pengisian dua Kepala OPD defenitif, gubernur mengatakan akan membicarakannya dengan Wakil Gubernur (Wagub), Dr.Hj.Sitti Rohmi Djalilah.

‘’Nanti saya ngomong sama pimpinan-pimpinan yang lain. Nanti ada Rapim pukul 14.00. Kita bahas terbuka, ndak ada rahasia-rahasiaan,’’ kata gubernur dikonfirmasi, Selasa, 19 Maret 2019 siang.

Iklan

Gubernur mengatakan, tiga besar nama untuk masing-masing JPTP hasil seleksi terbuka yang dilakukan Pansel semuanya bagus. Bahkan nilai dan kemampuan mereka hampir sama. Melihat hasil seleksi terbuka dua JPTP Pemprov NTB itu, gubernur mengatakan NTB tak kekurangan stok pejabat yang memiliki kemampuan yang dibutuhkan.

‘’Saya lihat orang-orangnya bagus. Dan kita lihat untuk  kebutuhan tim kita juga, tak kekurangan stok orang hebat,’’ ujarnya.

Melihat kemampuan tiga besar nama-nama calon dua Kepala OPD tersebut, gubernur mengatakan meminta Sekda agar mereka dimanfaatkan di tempat lain juga. ‘’Karena kemampuannya sudah terbaca,’’ katanya.

Gubernur menyebutkan, tiga besar nama calon Kepala Biro Humas dan Protokol hasil seleksi terbuka Pansel adalah Najamudin, S. Sos, MM, Aulia Purnama Sari, SE, MT dan Baiq Nelly Yuniarti, S. STP. Sedangkan tiga besar calon Kepala Biro Bina Administrasi Pengendalian Pembangunan dan Layanan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (BAPP dan LPBJP) adalah H. Sadimin, ST, MT, Ir. M. Ilham, MM, dan Muhammad Nazarudin Fikri, S. Sos, M. Si, MRP.

Diketahui, sebanyak 17 pejabat  memperebutkan dua jabatan Kepala OPD Pemprov NTB. Untuk jabatan Kepala Biro Humas dan Protokol, pejabat yang ikut seleksi  berasal dari Pemprov NTB, seperti Najamuddin Amy, S. Sos, MM, Arifin, SH, MH, Aulia Purnama Sari, SE, MT, Lalu Fatanah, S.Sos, MH, Anang Zulkarnain, SH dan Baiq Nelly Yuniarti, S.STP. Sedangkan satu pejabat berasal dari Pemda Lombok Barat atas nama H. Isnanto Karyawan, SP.

Sedangkan untuk jabatan Kepala Biro BAPP dan LPBJP sebanyak 10 pejabat.  10 pejabat tersebut  antara lain dari Pemprov NTB, yakni Ir. H. Ahmadi, SP-1, H. Sadimin, ST, MT, Ir. M. Ilham, MM, Ali Fikri, ST, Ir. Lies Nurkomala Sari, MT, Jamaluddin, S. Sos, MT.

Kemudian pejabat dari Pemkot Mataram, antara lain Muhammad Nazarudin Fikri, S. Sos, M. Si, MRP. Dan satu pejabat dari Pemkab Lombok Barat atas nama H. L. Najamuddin, ST, MM.

Pelaksanaan seleksi terbuka dua JPTP Pemprov NTB itu  mendapatkan pengawasan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). KASN memuji Pansel JPTP yang dibentuk Pemprov NTB untuk menjaring tiga besar nama calon Kepala Biro Humas dan Protokol serta tiga besar nama calon Kepala Biro Bina Administrasi Pembangunan dan Layanan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (BAPP dan LPBJP) Setda NTB.

Sebanyak tiga orang dari KASN melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap pelaksanaan seleksi terbuka dua JPTP Pemprov NTB di Kantor Bappenda NTB, Kamis (14/3) lalu. Asisten Komisioner Bidang Monev KASN Kusen Asdiana mengaku bangga dengan Pansel JPTP Pemprov NTB. Dalam kegiatan Monev tersebut, KASN juga telah mengamankan salinan nilai hasil seleksi JPTP Pemprov NTB.

Kusen menjelaskan tugas Pansel sesuai ketentuan adalah menjaring tiga besar nama-nama calon JPTP. Selanjutnya hasil tersebut diserahkan ke Gubernur. Mengenai pejabat yang dipilih dari tiga besar hasil seleksi sepenuhnya menjadi hak proregatif gubernur sebagai user.

‘’Tidak mesti yang tertinggi nilainya diambil, ada pertimbangan gubernur sebagai user. Dari tiga yang wajib disampaikan boleh salah satu dipilih Pak Gubernur,” ujarnya. (nas)