Gubernur akan Kerjasamakan Program Penghijauan dengan Lamdo

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah bersama Bupati Dompu, Kader Jaelani, Wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan, dan Ketua DPRD Dompu, Andi Bachtiar, menyaksikan pelantikan pengurus Lamdo Dompu di aula pendopo Bupati Dompu, Rabu, 24 November 2021.(Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mendorong program penghijauan lingkungan dengan melibatkan masyarakat adat. Bekerjasama dengan masyarakat adat cukup efektif dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Bersinergi yang baik. Salah satu tantangan kita, menjaga kelestarian lingkungan di (Dompu) sini. Kita akan kerjasama (dengan Lamdo). Karena bagaimanapun, di banyak tempat, bekerjasama dengan masyarakat adat itu sangat efektif untuk menjaga hutan kita,” tegas Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah yang dikonfirmasi usai menghadiri acara pelantikan pengurus Lembaga Adat Masyarakat Donggo (Lamdo) Dompu di aula Pendopo Bupati, Rabu, 24 November 2021.

Iklan

Dalam sambutannya pada acara pelantikan pengurus Lamdo Dompu, Dr Zul sapaan akrab Gubernur NTB ini langsung memerintahkan kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) NTB yang turut hadir menemani Gubernur untuk bekerjasama dengan lembaga adat Lamdo dalam program penghijauan di Dompu. Cari dananya, bersama Provinsi dan pemerintah pusat agar lingkungan di Dompu bisa dijaga. “Karena kononnya, tidak mungkin Dompu, Bima, pulau Sumbawa akan hijau tanpa partisipasi aktif dari masyarakat Donggo. Tadi (disampaikan) jumlahnya cukup signifikan,” katanya.

Tidak hanya itu, Gubernur juga memberikan 10 beasiswa bagi masyarakat Donggo yang ada di Bima dan Dompu untuk kuliah ke luar negeri. Namun beasiswa itu diperuntukan bagi S2 bidang engineering (teknik). Lima dari Bima dan 5 dari Dompu. “Tapi studynya tentang engineering. Yang eksak – eksak,” ingatnya.

Kepada pengurus Lamdo, Dr Zul juga mengharapkan agar lembaga adat ini benar – benar menjadi mitra pemerintah, dan bukan karena adanya keinginan duniawi semata. Tapi harus dikedepankan tujuan karena Allah, maka segala urusan akan dimudahkan.

Lembaga adat Lamdo juga diingatkan agar menjadi rumah bersama yang mempertautkan hati sesame anggota. Perbedaan politik, perbedaan dukungan dan perbedaan lainnya bias saja terjadi, tapi ketika berada di lembaga adat, harus menjadi satu.

Bupati Dompu, Kader Jaelani dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar Lamdo bias membangun sinergi kerja sama dengan Pemda serta berkontribusi pada kegiatan Pemda dalam mewujudkan Dompu MASHUR menuju NTB gemilang. Lamdo diharapkan mampu menjunjung tnggi adat dan budaya yang sudah mengakar serta menggali nilai kearifan local. “Di Dompu, ada banyak suku dan adat, keberadaan Lamdo diharapkan menjadi tali pemersatu dalam mendukung pembangunan di daerah,” harapnya.

Ketua Umum Lamdo Dompu, M. Ihwan, ST, MM yang dilantik bersama pengurus Lamdo Dompu lain oleh ketua Dewan penasehat Lamdo Dompu, Drs H Sanusi H Rasyid juga menyampaikan komitmennya untuk bersama – sama pemerintah membangun daerah dan nusantara. Karena kehadiran Lamdo agar bias bersama – sama pemerintah membangun daerah. (ula)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional