Gubernur akan Beri Santunan untuk TKI Korban Kecelakaan Kapal

Mataram (suarantb.com) – Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi akan memberikan santunan kepada para TKI asal Lombok yang menjadi korban kecelakaan kapal di Teluk Nongsa, Batam. “Santunan untuk korban TKI ini kebijakan dari Pak Gubernur. Beliau sudah berulang-ulang mengatakan pasti kita berikan santunan,” terang Kepala Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil (Disosdukcapil) NTB, H. Ahsanul Khalik, Senin, 7 November 2016.

Mengenai nominal santunan dan kapan akan diberikan pada para korban, Khalik belum bisa memberikan penjelasan secara detail.  “Hanya besarannya belum kita tahu. Tunggu saja nanti seperti apa,” ujarnya.

Iklan

Hingga hari ini, jumlah TKI ilegal asal Lombok yang menjadi korban kecelakaan kapal tersebut sebanyak 35 orang. Jumlah korban selamat 26 orang dan korban meninggal berjumlah sembilan orang. Lima jenazah telah dipulangkan Sabtu, 5 Nopember 2016. Empat jenazah lainnya akan dipulangkan besok (Selasa, 8 Nopember 2016).

Sebanyak 22 orang korban selamat telah dipulangkan ke Lombok. Selebihnya masih berada di Batam untuk membantu identifikasi jenazah. Karena memang jumlah TKI asal Lombok yang menaiki kapal tersebut tidak diketahui secara pasti.

Menurut pengakuan Kepala Badan Pelayanan Penyaluran dan Penempatan TKI (BP3TKI) Mataram, Mocharom Ashadi masih ada potensi bertambahnya jumlah korban meninggal asal Lombok. Karena banyak keluarga tengah mencari anggota keluarganya yang hilang yang diperkirakan ikut menumpang kapal tersebut untuk pulang ke kampung halamannya.

“Kita sudah membantu mengirimkan foto-foto dari keluarga yang mengaku kehilangan anggota keluarganya. Semoga bisa membantu mempermudah proses identifikasi jenazah,” harapnya. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here