‘’ GT World Challenge’’ Asia, Sirkuit Mandalika Tunggu Penilaian FIA

0
Pertamina Mandalika International Street Circuit akan menjadi tuan rumah GT World Challenge Asia bulan Oktober 2022 ( Suara NTB/ Instagram itdc_id)

Mataram (Suara NTB) – Gelaran MotoGP Mandalika telah sukses digelar tanggal 18-20 Maret 2022 meskipun muncul sejumlah catatan yang harus diperbaiki ke depan. Kesuksesan MotoGP itu membuat Pertamina Mandalika International Street Circuit menjadi sorotan dunia. Sejumlah gelaran level Asia dan dunia siap digelar kembali tahun 2022, salah satunya GT World Challenge Asia di bulan Oktober.

Gubernur NTB Dr. H Zulkieflimansyah mengatakan, di tahap awal ini pihaknya akan melakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap pelaksanaan MotoGP Mandalika yang baru saja selesai digelar. Setelah itu, Pemprov NTB bersama pemerintah pusat dan pihak terkait lainnya akan kembali mematangkan rencana pelaksanaan event internasional lainnya di Mandalika.

IKLAN

“Yang pertama kita akan melakukan evaluasi tentang pelaksanaan MotoGP kemarin. Memang saya sudah dikasi tau sama IMI bahwa ada lima proposal pada pak Manteri, bukan yang hanya GT Challenge itu namun juga yang lain- lain,” kata Gubernur kepada Suara NTB Rabu, 23 Maret 2022.

Ia mengatakan, sebelum GT World Challenge Asia digelar di Mandalika, terlebih dahulu harus ada penilaian dari Federation Internationale de l’Automobile (FIA). Hal ini untuk memastikan apakah Pertamina Mandalika International Street Circuit perlu dilanjutkan pengaspalan ulang pada beberapa bagian lintasan atau tidak.

Mengingat event GT World Challenge Asia adalah olahraga balap mobil, bisa jadi akan ada penambahan atau perubahan pada fasilitas sirkuit, sesuai dengan kebutuhan event.

“Dievaluasi dulu apa yang perlu diperbaiki, sehingga jika misalnya ada kekurangan-kekurangan akan segara diperbaiki. Sehingga kita menjadi tuan rumah untuk bulan Oktober itu betul betul menjadi nyata,” kata Bang Zul, sapaan akrabnya.

GT World Challenge Asia merupakan ajang balap mobil sport atau grand tourer di level Asia. Grand tourer ini sendiri adalah jenis mobil sport yang dirancang dengan kecepatan tinggi dan untuk berkendara jarak jauh. Tipe mobil yang digunakan dalam GT Challenge sama seperti supercar yang dijual ke konsumen, tetapi dimodifikasi untuk trek balap.

Berdasarkan calendar event Fanatec GT World Challenge, Pertamina Mandalika International Street Circuit akan dijadikan lintasan balap seri penutup dari enam seri yang dilangsungkan. Balapan seri pertama akan dimulai lebih dulu di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia pada 20-22 Mei 2022. Kemudian seri ke-2 pada 15-17 Juli akan diadakan di Sirkuit Internasional Suzuka, Jepang.

Seri ke-3 GT Word Challenge Asia akan kembali digelar di Sirkuit Fuji Speedway, Oyama Jepang pada 22-24 Juli 2022. Selanjutnya seri ke-4 akan dihelat di Sirkuit Internasional Sportland Sugo Jepang, dan Seri ke-5 akan dilangsungkan di Sirkuit Internasional Okayama Jepang pada 23-25 September 2022.(ris)