Golkar NTB Desak Mohan Segera Ajukan Calon Wakil

Misbach Mulyadi (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Sampai saat ini, Ketua DPD II Partai Golkar Kota Mataram, H. Mohan Roliskana yang akan maju bertarung sebagai bakal calon Walikota Mataram pada pilkada serentak 2020, belum juga memutuskan siapa pasangan wakilnya. Sementara tahapan Pilkada sudah bergerak semakin dekat.

Karana itulah, DPD I Partai Golkar Provinsi NTB meminta kepada Mohan untuk segera memutuskan siapa yang akan jadi calon wakilnya di Pilkada Kota Mataram dan mengajukannya ke DPD I untuk diteruskan ke DPP.

Iklan

“Kita tekankan untuk segera mengajukan calon wakil, silahkan menurut dia mana yang paling layak. Mohan silahkan mau ambil siapa jadi wakilnya,” ujar Ketua Harian DPD I Partai Golkar Provinsi NTB, H. Misbach Mulyadi, Jumat, 7 Februari 2020.

Golkar NTB pun memberikan deadline penyampaian pasangan calon dari DPD II ke DPD I sampai tanggal 9 Februari ini. Hal itu dilakukan karena akan dilakukan survei elektabilitas oleh DPP.

“Paling lambat tanggal 9 Februari sudah masuk ke DPD I melalui DPD II. Selanjutnya untuk kita serahkan ke DPP, nanti DPP yang akan melakukan proses selanjutnya, kan ada survei,” kata Misbach.

Batas waktu penyerahan nama pasangan bakal pasangan calon itu tidak hanya berlaku untuk kota Mataram saja. Namun juga ditujukan kepada kabupaten/kota lainnya di NTB yang akan melaksanakan Pilkada serentak 2020. Karena sampai saat ini belum ada satupun yang sudah menyampaikan pasangan calon yang akan  diusung.

“Secara definitif belum ada yang masuk, baru kita dengan kabar saja, yang ini dengan yang ini. Tapi meskipun sebenarnya Golkar juga tidak mau cepat-cepat juga, tapi supaya ada kejelasan, dan kita bisa bergerak lebih cepat,” katanya.

Di tempat terpisah, belum lama ini Mohan memang berjanji bakal mengumumkan dan menyampaikan ke DPD I nama bakal calon pasangan wakilnya pada Bulan Februari ini. Namun belum ada kepastian soal tanggal berapa Mohan akan menyampaikan, meskipun DPD I mendeadline sampai tanggal 9 Februari.

“Februari saya akan usahakan, mudah-mudahan sudah bisa kita munculkan nama calon wakil saya,” ujarnya.

Mohan mengaku dirinya sampai saat ini masih melakukan penjajakan demi mendapatkan figur yang tepat. Penentuan siapa yang akan menjadi wakilnya itu, Mohan melakukannya dengan sangat hati-hati. “Karena ada tolok ukur yang kita gunakan untuk bisa menentukan itu (wakil),” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Wakil Walikota Mataram itu mengungkapkan terkait kriteria figur calon wakil yang jadi harapannya, yakni sosok yang punya chemistry dan komitmen yang sama dalam membangun Kota Mataram. “Selain itu tentu yang bersangkutan juga secara popularitas, elektabilitas, juga bisa mempengaruhi secara signifikan potensi dukungan suara masyarakat kita di Kota Mataram,” katanya.

Dikonfirmasi terkait kabar sudah terbentuknya paket Harun (Mohan-Mujiburrahman). Mohan menyatakan belum ada keputusan karena semua masih dinamis. Namun Mohan membenarkan adanya dinamika terkait hal tersebut di internal partai. “Di politik tidak ada yang tidak mungkin, kita lihat perkembangannya lah,” ujarnya. (ndi)