Golden Melon di SMKN 1 Kuripan Dipanen

Kadis Dikbud NTB H. Aidy Furqan sedangpPanen golden melon di SMK 1 Kuripan, Kamis, 18 Maret 2021. (Suara NTB/dys)

Giri Menang (Suara NTB) – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Dikbud) NTB Dr. H. Aidy Furqan panen golden melon di SMKN 1 Kuripan, Kamis, 18 Maret 2021. Panen perdana golden melon dilakukan di area penanaman seluas 5 are yang terletak di dalam lingkungan sekolah.

Kepala Dinas Dikbud NTB Aidy Furqan menyambut baik panen perdana golden melon. Menurutnya, apa yang dilakukan sekolah merupakan produk base learning yang ditunjukkan secara langsung pada siswa. Bukan hanya berhenti pada project base learning. Melainkan sudah menghasilkan produk nyata yang bisa menjadi andalan sekolah.

Iklan

Dikatakan Aidy Furqan bahwa hasil panen melon bisa dijadikan sebagai model bagi sekolah dalam membentuk wajah sekolah sesuai dengan core keilmuannya.

Kepala SMKN 1 Kuripan, H. Haerul Ahmad, menyebut tidak hanya golden melon yang kini tengah diujicoba. Melainkan juga buah naga dan pisang dengan berbagai varietas.

Menurutnya tanaman-tanaman ini bisa menggantikan tanaman padi di tengah masyarakat. Karena di tengah masyarakat kita hanya tanaman padi dan palawija saja. Padahal ada banyak potensi tanaman yang lain.

Bahkan jika dihitung potensi hasilnya jauh lebih besar di bandingkan dengan tanaman padi. Baik dengan menanam buah melon, buah naga dan pisang. Hasilnya malah berkali-kali lipat, sehingga untungnya menjadi banyak.

Hal inilah yang belum dilihat oleh masyarakat. Padahal tanaman buah melon, buah naga dan pisang cavendis tidak perlu modal terlalu banyak jika dibandingkan dengan padi. “Kesimpulannya bisa empat kali lipat keuntungan jika menanam padi,” ungkapnya. (dys)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional