Giliran Staf Ahli KSP Apresiasi Ruang Ramah HAM Imigrasi Mataram

Mataram (Suara NTB) – Staf Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) kedeputian V Urusan Polhukam Strategis, Sunarman Sukamto mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas I Mataram. Dalam kesempatan itu dia meninjau ruang pelayanan paspor ramah HAM dan kesiapan paspor emergency paspor.

“Ruang khusus, layanan khusus dengan SOP khusus. Ini sebuah langkah maju dan bisa menjadi pilot project instansi lain,” kata Sunarman, Jumat, 13 April 2018.

Iklan

Turut mendampingi Manajer Difabel Endri Foundation, Lalu Wisnu Pradipta, Kasi Infokom Kantor Imigrasi Mataram, Azhan Miraza, Kasi Lantaskim, Ngurah Nanik Widayani.

Sunarman menambahkan, ruang ramah HAM memperhatikan sampai aspek detail, diantaranya jalur prioritas, meja foto untuk tuna daksa, dan buku petunjuk pelayanan huruf braille untuk tuna netra.

Ruang ramah HAM memberikan pelayanan khusus kepada lanjut usia, ibu hamil, anak-anak, serta penyandang disabilitas.

Pelayanan lainnya yang kini dilahirkan di masa kepemimpinan Dudi Iskandar yakni emergency service. Pelayanan kepada pasien yang tidak sanggup mengurus paspor ke kantor imigrasi. Utamanya bagi pasien yang hendak dibawa berobat ke luar negeri. Petugas imigrasi akan mendatangi pasien pemohon paspor untuk tes wawancara dan pengambilan sidik jari serta foto. (why)