Gili Kapal, Pulau Pasir Putih yang Cantik

Suasana keindahan Gili Kapal di Kecamatan Sambelia. Gili ini hanya muncul pada saat air sedang surut. Sementara kalau air pasang, Gili ini akan tenggelam. (Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB) – Gili Kapal Desa Padakguar Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menawarkan sensasi yang berbeda bagi wisatawan. Pulau pasir yang ada hanya saat air surut ini merupakan magnet besar dengan suguhan kecantikan.

“Bentuknya hanya pundukan tanah pasir bulat lonjong begitu,” papar Suyanto Suladi pelaku wisata asal Sambelia yang kerap mengantarkan tamu ke tempat indah di Lotim bagian timur utara ini.

Iklan

Tidak ada pohon yang tumbuh. Akan tetapi, pancaran air laut yang berpadu dengan butiran pasir membuat Gili Kapal ini terlihat sangat menawan.

Luas terbesar saat kemunculannya bisa mencapai 0,5 hektare. Saat air pasang, pulau ini hilang.

Menurutnya, kemunculan Gili Kapal ini tidak setiap hari, tapi tergantung kondisi air. “Kadang-kadang dua hari muncul,” sebutnya.

Penamaan Gili Kapal tidak lepas dari peristiwa sejarah masa pendudukan Jepang. Kala itu, ada kapal jepang yang terdampar. Terlihat seperti gundukan kapal yang tenggelam. Selain kapal Jepang, sejumlah kapal lain juga kerap terdampar di Gili Kapal. “Pernah kapal Darma Cakra terdampar di sekitar Gili Kapal sana,” tuturnya.

Kemunculan pulau kecil saat air surut itu katanya menandakan kawasan tersebut merupakan perairan dangkal. Tidak heran sering terjadi kapal terdampar. Tidak jauh dari Gili Kapal itu, ada namanya Gili Perenda tempat yang paling sering. Perenda ada karang keras yang tidak nampak dengan jelas oleh nakhoda kapal.

Gili Kapal menjadi unik, karena kemunculannya yang tidak menentu. Kawasan wisata unik ini pun tidak pernah sepi didatangi wisatawan. Wisatawan bisa menikmati keindahan laut yang dangkal dan bisa snorkeling. Termasuk bisa mengabadikan untuk swafoto. ‘’Ada juga yang kerap mengabadikannya dengan drone,’’ ujarnya.

Namun, pengunjung tidak bisa berlama-lama, apalagi sampai menginap, karena pulau pasir putih ini muncul sekitaran 4 sampai 5 jam saja. Ketinggian air dari gili saat tenggelam berkisar 1 meter. Jadi, meski tenggelam masih tetap bisa menikmati keindahannya. (rus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here