Gerindra Usung Willgo, Suhaili Siap Maju

Praya (Suara NTB) – Di saat partai-partai lain belum menentukan sikap dan pilihan terkait figur calon kepala daerah yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) NTB 2018 mendatang, Partai Gerindra justru telah menentukan pilihan. Partai Gerindra akan mengusung anggota DPR RI yang juga Ketua DPD Partai Gerindra NTB, H.Willgo Zainar, SE, untuk maju pada Pilkada NTB mendatang. Keputusan itu pun telah mendapat restu dari DPP Partai Gerindra.

“Sudah ada keputusan, kita (Partai Gerindra, red) akan mengusung Ketua DPD Partai Gerindra NTB, sebagai calon kepala daerah pada Pilkada NTB mendatang,” tegas Wakil Ketua DPRD NTB yang juga politisi Partai Gerindra, Mori Hanafi, SE, M.Comm, kepada Suara NTB di Praya, Jumat, 23 September 2016.

Iklan

Mori mengaku kalau keputusan tersebut sudah final. Atas dasar itu, Partai Gerindra akan berupaya maksimal bisa memuluskan keputusan ini. Untuk posisi yang jadi target, Mori mengaku saat ini tetap calon gubernur. Tapi itu sangat tergantung kondisi dan bacaan politik ke depan. Jika target ini sulit untuk diwujudkan, posisi calon wakil gubernur tidak jadi masalah. “Kita akan berupaya maksimal untuk mewujudkan target sebagai calon gubernur dulu. Kalau dirasa berat dan sulit, baru kita bidik calon wagub,” tandasnya.

Mengenai ada alternatif selain selain Willgo, Mori mengaku tetap ada. Namun, prioritas sekarang adalah menjalankan keputusan yang sudah ada. Masalah nanti ada calon lain yang diusung oleh Partai Gerindra, itu tergantung keputusan Ketua DPD I Partai Gerindra NTB yang sudah diberikan mandat. Dengan kata lain, calon alternatif dari Partai Gerindra bisa diusung, jika Ketua DPD I Partai Gerindra NTB ini memutuskan untuk tidak jadi maju. Tapi siapa yang akan diajukan, keputusannya tetap diserahkan kepada yang diberi mandat.

Disinggung peluang dirinya maju pada Pilkada NTB, Mori mengaku kecil, karena memang keputusan partai sudah menetapkan bahwa yang akan diusung Ketua DPD I Partai Gerindra NTB.

Sementara Ketua DPD I Partai Golkar NTB, H.M. Suhaili FT, SH, menegaskan kesiapannya untuk maju dalam Pilkada NTB tahun 2018 mendatang. Terlebih, setelah hasil survei internal yang dilakukan Partai Golkar sejak sebulan yang lalu, mantan Ketua DPRD NTB ini menjadi calon kepala daerah dengan tingkat elektabilitas tertinggi, jika dibandingkan dengan figur lainnya.

5 - SUHAILI

M. Suhaili FT (Suara NTB/dok)

“Jika memang masyarakat menginginkan untuk maju, kepada harus takut,” tandas Suhaili, saat dikonfirmasi Suara NTB, Jumat, 23 September 2016.

Hanya saja, ujarnya, untuk sampai ke arah ini masih cukup panjang, karena masih ada beberapa proses yang harus dilalui.

Partai Golkar sendiri, kata Bupati Loteng ini, sampai sejauh ini belum menentukan pilihan siapa figur calon kepala daerah yang akan diusung. Apalagi, ada aturan dan mekanisme yang berlaku di dalam Partai Golkar dalam menentukan pilihan perihal calon kepala daerah yang akan diusung. “Perkara siap untuk maju, saya siap maju. Jika memang masyarakat menginginkan hal itu,” tegasnya.

Ia pun mengaku, sebagai kader Partai Golkar dirinya harus siap jika partai memerintahkan dirinya untuk maju pada Pilkada NTB mendatang. Hanya saja, tegasnya kembali, fokus dirinya saat ini bukan pada Pilkada NTB, melainkan tugas sebagai Bupati Loteng, karena masih banyak program yang harus diselesaikan. ‘’Jangan sampai,tugas sebagai pelayan masyarakat Loteng, justru terabaikan. Hanya karena memikirkan Pilkada NTB,’’ ujarnya.

Disinggung terkait pasangan pada Pilkada NTB, Suhaili menegaskan, semua masih belum pasti. Semua masih bisa terjadi.  Ia pun mengaku, tidak mempermasalahkan akan berpasangan dengan siapapun, asalkan  masyarakat di daerah ini benar-benar mendukung dirinya memberi pengabdian bagi NTB. (kir)