Generasi Baru Karate NTB Mulai Unjuk Gigi

Aqil Al Hidayat dan Alif Al Hidayat (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pembinaan atlet karate di NTB terus menunjukan hasil positif. Saat ini, Dojo Inkindo sebagai bagian dari pengembangan olahraga karate di NTB, ikut melahirkan sederet atlet berprestasi di level regional NTB. Hasilnya, kini muncul atlet-atlet muda yang unjuk gigi dan mencatat prestasi di berbagai kejuaraan karate.

Dua atlet berprestasi itu adalah Aqil Al Hidayat dan Alif Al Hidayat. Tiga tahun belakangan, dua atlet bersaudara ini sukses menorehkan sederet prestasi di beberapa event regional NTB dan luar NTB. Terakhir, mereka menjuarai Kejurprov Inkai NTB di Gelanggang Pemuda Mataram, 3 – 5 Februari 2020.

Iklan

Aqil Al Hidayat yang biasa disapa Aqil meraih medali emas di Kumite usia dini putra – 25 Kg dan medali perak di kelas Kata (seni gerak) perorangan usia dini putra – 25 kg. Sementara Alif Al Hidayat yang biasa disapa Alif meraih medali emas di Kata beregu Pra Pemula Putra – 35 kg dan medali emas di Kumite Pra Pemula Putra – 35 kg.

“Selain juara Kejurprov Inkai NTB, Kita sudah sering meraih juara di beberapa kejuaraan karate di NTB. Juga pernah meraih medali perunggu di kejuaraan Piala Kodam di Bali tahun 2019 di kategori usia dini,” ucap Aqil Al Hidayat kepada Suara NTB di Mataram, Senin, 10 Februari 2020.

Aqil yang mewakili rekannya menceritakan prestasi yang pernah diraihnya selama ikut kejuaraan karate. Antara lain, Juara 3 di Kejuaraan Terbuka Lombok Barat tahun 2018, Juara 3 di Piala Kapolres Lotim tahun 2019, juara 2 di Sumbawa Tahun 2019, Juara 1 di Undikma tahun 2020, Juara 1 di Kejurprov Inkai NTB yang digelar pada tgl 3 – 5 Februari tahun 2020 di Gelanggang Pemuda.

Sementara, prestasi yang pernah diraih saudaranya Alif, yakni juara 3 di Piala KODAM di Bali tahun 2019, juara 3 di Piala Kapolres Lotim, Juara 1 di Mataram Open, HUT Kota Mataram tahun 2019, khususnya pada Kata beregu Pra Pemula -35 kg, dan juara 1 pada pra pemula putra, Kumite -35 kg.

Sederet prestasi yang diraih kedua atlet ini tidak lepas dari latihan dan disiplin yang diterapkan oleh pelatih di Dojo Inkindo Mataram. Termasuk pada saat kedua saudara kandung ini ikut pada Kejurprov INKAI NTB. “Kami berdua masuk terseleksi dari Dojo Inkindo sebagai perwakilan Inkai Mataram sehingga mendapatkan pelatihan khusus dari pelatih (senpai),” jelas Aqil.

Aqil dan Alif adalah saudara kandung dari pasangan suami isteri Taupik Hidayat dan Nurhayati. Aqil saat ini sedang duduk di bangku sekolah dasar Kelas 3 dan Alif di Kelas 5. Keduanya sekolah di MIN 1 Kota Mataram.

Kedua bersaudara itu berlatih karate sejak 3 tahun yang lalu. Aqil sejak di TK dan Alif sejak kelas 2 SD. Latihan yang terus menerus dan berjenjang membuat kedua saudara kandung ini mahir dalam memperagakan beladiri karate.

Berlatih di Dojo Inkindo sejak 3 tahun yang lalu, mereka dibina oleh pelatih-pelatih pilihan seperti Senpai Fakihi, Faizal, Kusnan, Sahdan dan Davit Setiawan.

Dikonfirmasi terpisah, Davit menambahkan bahwa talenta yang dikembangkan oleh Dojo Inkindo saat ini tidak hanya Aqil dan Alif. Talenta lain yang memiliki potensi dan prestasi membanggakan juga kini tengah disiapkan. Mereka adalah L. Muhammad Azwin Alparisi, Muammar Khadafi dan Andi Fahmi Fahri Firmansyah.

“L. Muhammad Azwin Alparisi dan Andi Fahmi Fahri Firmansyah kemarin mendapatkan gelar juara best of the best,” ujar Davit.

Davit menambahkan, Muammar Khadafi saat ini merupakan salah satu atlet yang disiapkan untuk menjadi generasi penerus Zigi Zaresta, karateka andalan NTB dan Indonesia di berbagai ajang internasional. “Zigi juga intens melatih, salah satunya, Muammar Khadafi,” imbuhnya. (fan/aan)