Genangan di Terowongan Jalur Bandara Harus Segera Ditangani

Lalu Darma Artika. (Suara NTB/her)

Giri menang (Suara NTB) – Pemprov NTB dan pihak Balai Jalan Nasional (BJN) diminta lebih serius menangani persoalan genangan air di jalur Bandara di wilayah Bajur Kecamatan Labuapi. Pasalnya, akses jalan yang persis berada di terowongan itu dilanda genangan air setiap kali terjadi hujan. Dan jalur itu termasuk jalan nasional yang menjadi kewenangan BJN.

Camat Labuapi, Lalu Darma Artika mengatakan pihaknya sudah bersurat ke BJN untuk meminta penanganan genangan di terowongan jalan Bandara yang berlokasi di desa Bajur. “Kami sudah bersurat tahun lalu ke Balai Jalan untuk meminta serius menangani genangan di terowongan itu, karena setiap kali hujan pasti tergenang,” katanya, Rabu, 7 Juli 2021. Pihaknya bersurat sekitar akhir tahun lalu, ketika itu memang sedang musim hujan yang menyebabkan terowongan itu tergenang.

Iklan

Sampai saat ini belum ada langkah tindaklanjut dari BJN. Pernah dilakukan penanganan, namun belum maksimal. Menurutnya, bukan semata persoalan sampah menjadi alasan air meluap ke jalan tersebut, akan tetapi selokan atau irigasi itu perlu diperlebar sehingga air lancar mengalir. “Kondisi sekarang masih sempit,” ujarnya.

Kalau saluran ini diperlebar, minimal bisa saling lihat ketika berada di dalamnya. Maka air akan lancar mengalir. Bahkan karena terlalu sempit, ketika petugas PU masuk ke saluran itu, harus ditarik menggunakan tali untuk bisa keluar dari dalam saluran tersebut. “Kalau sudah diperlebar saluran itu pasti airnya lancar. Kalau soal sampah tinggal kita pasang jaring, lalu dibuang,” ujarnya. Selain itu, kemungkinan saluran di terowongan itu juga menikung sedikit, sehingga terhambat disana. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional