Genangan di Sejumlah Titik di Kota Mataram Mencapai Lutut Orang Dewasa

Mataram (suarantb.com) – Hujan yang mengguyur Kota Mataram sejak pagi hingga siang hari pada Sabtu, 10 Desember 2016 menimbulkan genangan air yang cukup tinggi di beberapa wilayah. Air juga termasuk menggenangi beberapa ruas jalan lingkungan seperti di Kelurahan Jempong, Kekalik Jaya (Jalan Swakarya) dan beberapa titik di sekitar Jalan Bung Hatta. Pantauan suarantb.com, genangan di titik-titik tersebut tingginya selutut orang dewasa.

Di beberapa titik di Kelurahan Jempong bahkan diperkirakan hampir setengah meter. Beberapa anak-anak di tempat tersebut diminta oleh masyarakat memberikan peringatan kepada pengendara yang melintas di jalan lingkungan tersebut agar tidak melintasi genangan yang bisa merendam kendaraan.

Iklan

Genangan di jalan-jalan lingkungan di Kelurahan Jempong diperkirakan akibat saluran tidak mampu menampung air. Kondisi saluran yang terlalu sempit dan dangkal juga disebut menjadi pemicu genangan.

Demikian juga genangan-genangan yang terjadi di sekitar persimpangan Jalan Bung Hatta. Air yang menggenangi kawasan tersebut hingga setinggi lutut orang dewasa. Bahkan air sampai masuk ke halaman rumah warga, meskipun trotoar jalan dibangun cukup tinggi, sekitar 20 sentimeter dari permukaan jalan, area tersebut masih tertutup genangan hingga tidak tampak permukaannya.

Salah seorang pedagang yang lapaknya terendam air, Rani mengatakan dalam beberapa waktu terakhir telah ketiga kali wilayah tersebut terendam. Pada genangan sebelumnya bahkan lebih tinggi dari genangan yang terjadi pada Sabtu, 10 Desember 2016.

“Ini sudah tiga kali terjadi banjir besar begini, kemarin-kemarin waktu hujan besar itu juga banjir, terpaksa kita basah-basahan jualan, lihat ini airnya masuk ke sini,” kata Rani sembari menunjuk lantai lapaknya yang tertutupi air hingga setinggi betis.

Beberapa pelanggan di lapak Rani, yang merupakan karyawan dan pegawai dari instansi setempat, yang enggan disebutkan namanya membenarkan hal tersebut. Mereka mengatakan, genangan air terjadi akibat saluran tersumbat. Akibatnya air meluap hingga menutupi badan jalan, bahkan sampai trotoar. (rdi)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional