Gempa 6,6 SR Guncang NTB, Fitur Konfirmasi Keselamatan Facebook Diaktifkan

Mataram (suarantb.com) – Gempa berkekuatan 6,6 skala richter mengguncang NTB. Gempa tersebut berpusat di 59 kilometer Barat Laut Sumba, Barat Daya-NTT, dengan kedalaman 91 km. Hal tersebut disampaikan Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Rianto. Gempa terjadi pagi tadi, Jumat, 30 Desember 2016.

Akibat dari besarnya getaran gempa tersebut, facebook pun mengaktifkan fitur konfirmasi keselamatan diri. Setiap pengguna facebook yang berada di daerah gempa akan secara otomatis dikirim konfirmasi keselamatan melalui akun facebooknya.

Iklan

Melalui aplikasi tersebut, orang-orang terdekat atau sahabat pengguna facebook akan mengetahui kondisi rekan atau keluarganya di daerah yang terjadi bencana. Dari hasil pantauan, puluhan orang telah mengkonfirmasi status keselamatan diri melalui fitur facebook ini.

Fitur yang diberi nama Safety Check tersebut juga dilengkapi dengan nomor panggilan darurat, pusat terjadinya bencana, dan wilayah-wilayah lain yang terkena dampak dari bencana tersebut.

Gempa bumi pagi tadi tidak saja melanda NTB. Namun juga terjadi di Bali dan NTT. Jika diukur dari Modified Mercally Intensity (MMI), dampak tersebut dirasakan secara bervariasi.

Di Kuta, gempa ini dirasakan mencapai skala III MMI, Gianyar III MMI, Mataram III MMI, Denpasar II-III MMI, Waingapu III-IV MMI, Waikabubak V MMI. Untuk daerah Sumba Barat dan Bima, getaran mencapai IV MMI.

Maksud dari skala IV MMI, yaitu pada siang hari gempa dirasakan oleh banyak orang di dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu gemerincing, dan dinding berbunyi.

Puncak tertinggi dari MMI ada pada angka XII, di mana akan terasa hancur sama sekali. Gelombang tampak pada permukaan tanah. Pemandangan menjadi gelap, dan benda-benda terlempar ke udara. (szr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here