Gempa 4,7 SR Mengguncang Mataram, Tidak Berpotensi Tsunami

Mataram (suarantb.com) – Gempa bumi berkekuatan 4,7 SR mengguncang Kota Mataram dan sekitarnya. Gempa bumi tersebut terjadi sekitar pukul 00.21 Wita, Kamis, 24, November 2016.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Rianto, pusat gempa berada di 8,52 lintang selatan (LS), 115,90 bujur timur (BT) atau 26 km di barat Mataram.

Iklan

“Gempa berkekuatan 4,7 SR berpusat di 8,52 LS, 115,90 BT atau 26 km di barat Mataram, NTB, dengan kedalaman 26 km,” ujarnya melalui pesan singkat yang diterima suarantb.com.

Gempa bumi membuat kepanikan warga di sekitar Kekalik, Mataram, beberapa warga tampak keluar dari rumah akibat getaran gempa yang cukup besar. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui dampak kerusakan dari gempa tersebut.

Agus menjelaskan, peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan lemah dirasakan di daerah Nusa Dua, Karangasem, Mataram, dan Denpasar dalam skala intensitas I-II SIG BMKG atau (II-IV MMI). Di daerah ini guncangan gempa bumi dirasakan oleh orang beberapa orang.

“Terkait dengan peristiwa gempa bumi Mataram yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 00:54 WITA belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir Barat Mataram dan Timur Karangasem dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.”

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia. Dalam hal ini lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempa bumi.

Analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu penyesaran turun. Mekanisme sumber ini sesuai dan relevan dengan kondisi sistem subduksi lempeng Indo-Australia di kedalaman 24 Km di daerah tersebut.

Sementara itu, pantauan suarantb.com, gempa bumi membuat kepanikan warga di sekitar Kekalik, Mataram, beberapa warga tampak keluar dari rumah akibat getaran gempa yang cukup besar. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui dampak kerusakan dari gempa tersebut. (szr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here