Gempa 4,5 SR Guncang KSB, Terasa Hingga Lombok

Mataram (suarantb.com) – Gempa tektonik berkekuatan 4,5 SR, mengguncang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Minggu 19 Februari 2017 pukul 19.35 Wita. Guncangan terasa hingga Lombok. Namun sejauh ini belum ada informasi kerusakan.

Gempa berpusat di 9.12 Lintang Selatan dan 116.62 Bujur Timur dengan kedalaman 10 kilometer.
“Kami konfirmasi dengan laporan dari masyarakat, gempabumi tersebut dirasakan di Mataram dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI),” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto.

Iklan

Data dari BMKG, peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berupa guncangan lemah dirasakan hampir diseluruh wilayah Pulau Lombok bagian selatan dan tengah, dengan kekuatan antara II-III MMI. Selain itu, Kota Mataram juga turut merasakan getaran gempa tersebut.

“Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa atas gempa yang dirasakan oleh masyarakat,” kata Agus.
Dia memastikan, belum ada gempa susulan serta tidak berpotensi tsunami. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG khususnya masyarakat yang tinggal di pesisir Pantai Selatan dan Timur.
“Masyarakat diimbau agar tidak  terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” tutupnya. (dea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here