Gelaran WSBK Tetap Sesuai Jadwal, Dorna Sport Homologasi Sirkuit Mandalika Akhir Juli

Progres pembangunan Sirkuit Mandalika dipotret dari Bukit Pantai Seger Kuta Lombok Tengah. (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., mengatakan gelaran World Superbike Championship (WSBK) di Sirkuit Mandalika masih tetap sesuai dengan jadwal pada 12 – 14 November mendatang. Pada akhir Juli atau awal Agustus mendatang, Dorna Sport sebagai penyelenggara MotoGP dan WSBK akan melakukan homologasi Sirkuit Mandalika.

“Kita berharap dengan vaksinasi yang lebih intensif, schedule-nya tetap. Bahkan kemarin, saya kontak dengan Menteri Pariwisata, World Superbike masih on schedule,” kata Gubernur dikonfirmasi di Mataram, Jumat, 23 Juli 2021.

Iklan

Gubernur menjelaskan, persiapan untuk gelaran WSBK terus berjalan. Bahkan, katanya, progres pembangunan Sirkuit Mandalika sudah sangat luar biasa. Ia mengatakan pandemi Covid-19 di NTB masih terkendali.

‘’Hanya saja ketersediaan vaksin yang bermasalah. Kita sudah menghubungi pusat, mudah-mudahan segera ditambah,’’ terangnya.

Gubernur menambahkan, pada akhir Juli atau awal Agustus mendatang Dorna akan kembali mengecek kesiapan Sirkuit Mandalika. Ia mengatakan, Dorna akan melakukan homologasi Sirkuit Mandalika. “Akan ada akhir Juli atau awal Agustus Dorna akan melakukan homologasi,” tandasnya.

Hingga pertengahan Juli ini, progres kumulatif pekerjaan konstruksi Sirkuit Mandalika sudah mencapai 81,42 persen. Dengan pekerjaan yang hampir 100 persen  selesai antara lain run-off gravel dengan progres 99 persen, run-off grass 95 persen, tunnel dan retaining wall utara 98 persen, outer dan inner service road 95 persen  dan pemasangan concrete barrier dengan progres 99 persen.

Sementara pekerjaan lain juga tetap jalan terus seperti pengerjaan aspal dan track lane yang akan selesai akhir bulan Juli 2021. Bukan hanya pekerjaan trek, tapi infrastruktur pendukung event pun sedang dikerjakan seperti race control yang mencapai 74 persen dan pekerjaan medical center modular yang dalam tahap penyelesaian.

Sebagaimana diketahui, Sirkuit Mandalika akan memiliki 17 tikungan dengan total panjang sirkuit 4,31 kilometer (km). Kemudian, Sirkuit Mandalika juga akan memiliki 40 garasi di area paddock.

Kapasitas tempat duduk di grandstand akan tersedia untuk 50.000 penonton, dan area berdiri tersedia untuk 138.000 penonton. Selain itu, hospitality suites akan dibangun dengan kapasitas 7.700 pengunjung. (nas)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional