Gelaran Event MotoGP Indonesia, Tunggu Putusan Pemerintah dan Dorna

Happy Harinto (Suara NTB/ist)

GELARAN event MotoGP Indonesia di sirkuit jalan raya Mandalika masih belum bisa dipastikan, apakah akan tetap dilaksanakan tahun ini ataukah mundur di awal tahun 2022 mendatang. Mandalika Grand Prix Assocation (MGPA) selaku operator MotoGP Indonesia masih menunggu keputusan pemerintah pusat serta Dorna Sport, soal bisa tidaknya event balap dunia dunia tersebut dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

‘’Kalau soal kesiapan sirkuit Mandalika sudah oke, tidak ada masalah. Tinggal soal keputusan pemerintah pusat mengizinkan atau tidak MotoGP digelar,’’ ujar Chief Strategic Communication Officer MGPA Happy Harinto, saat ditemui wartawan di Kantor Bupati Lombok Tengah (Loteng), Kamis, 8 April 2021.

Iklan

Pasalnya, ketika MotoGP digelar konsekuensinya akan banyak orang luar datang ke Indonesia. Karena akan kurang menarik kalau kemudian MotoGP digelar tanpa kehadiran penonton. Terlebih Indonesia baru pertama kali menggelar event MotoGP setelah lebih dari 20 tahun yang lalu.

‘’Memang bisa menggelar MotoGP tanpa penonton. Tapi apakah pemerintah mau? Makanya keputusan sekarang tergantung pemerintah,’’ terangnya.

Diakuinya, pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang begitu luas. Tidak hanya bagi Indonesia tetapi juga secara global. Sehingga banyak event olahraga dunia di berbagai belahan dunia harus ditunda bahkan ada yang sampai dibatalkan.

Kalau terkait persiapan dan pembangunan sirkuit Mandalika, Happy menegaskan sejauh ini tidak ada masalah. Semua berjalan sesuai rencana yang ada. Pihaknya pun optimis bisa menyelesaikan pembangunan sirkuit jalan raya pertama tersebut pada Juni mendatang.

Dalam kunjungan bersama tim Dorna Sport, Rabu lalu, Managing Director Dorna Sport Carlos Ezepeleta, mengaku kagum dengan progres pembangunan sirkuit Mandalika yang dari sisi kualitas material dan pengerjaan, sangat memuaskan. Terutama kualitas aspalnya. Padahal itu baru lapisan aspal pertama. Belum lapisan kedua atau ketiga.

‘’Dorna memberikan nilai excelent untuk pengerjaan sirkuit Mandalika,’’ tandasnya. Dengan kata lain, sirkuit Mandalika siap menggelar event MotoGP tahun ini. Dan, Dorna sendiri telah memasukkan MotoGP Indonesia ke kalender balapan tahun 2021 ini. Kendati masih berstatus cadangan.

Kehadiran pihak Dorna ke lokasi pembangunan sirkuit Mandalika juga jadi pertanda positif. Bahwa MotoGP Indonesia memang mendapat perhatian istimewa dari pihak Dorna. Di tengah padatnya kegiatan, pihak Dorna mau datang. Meski harus melalui proses ketat, termasuk harus menjalani proses karantina.

‘’Terkait kawasan The Mandalika sebagai lokasi gelaran MotoGP, Carlos (Managing Director Dorna Sport) Sirkuit Mandalika sebagai sirkuit terindah dari sekian banyak sirkuit yang menggelar event MotoGP,’’ pungkas Happy. Jadi sayang kalau kemudian event MotoGP Indonesia digelar tanpa penonton. (kir)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional