Gelaran E-Sport Championship 2021 Meriahkan Dies Natalis ke-59 Unram

Suasana E-Sport Championship 2021 yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, 25-26 September 2021 sebagai rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-59 tahun Universitas Mataram (Unram). (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Sebagai rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-59 tahun Universitas Mataram (Unram), Unram membuat gelaran E-Sport Championship 2021 yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, 25-26 September 2021. Kegiatan ini mengambil sub tema Mengobarkan Semangat Ketangguhan melalui E-Sport sebagai Wadah Berinovasi Mahasiswa, yang mana sub tema ini sejalan dengan tema besar yang diangkat pada Dies Natalis Unram ke-59 tahun yaitu Unram Berinovasi untuk Indonesia Tangguh.

Turnamen ini mempertandingkan PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile dan Mobile Legends yang diikuti oleh delegasi fakultas dan prodi di bawah Rektor. Sampai pada batas akhir pendaftaran, terdapat sembilan tim yang akan bertanding di nomor game Mobile Legends, di antaranya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, serta satu tim dari Prodi di bawah Rektor.

Iklan

Sedangkan nomor game PUBG diikuti oleh delapan tim dari perwakilan fakultas, di antaranya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, serta satu tim dari Prodi di bawah Rektor.

Acara pembukaan dilaksanakan Sabtu, 25 September 2021 melalui zoom meeting, dalam pembukaan ini Koordinator Turnamen E-Sport Unram Championship 2021, Dr. Prayogi Dwina Angga, S.Or., M.Pd., menyampaikan bahwa euforia Dies Natalis ke-59 Unram ini juga harus dirasakan oleh mahasiswa. “Sehingga turnamen e-sport ini menjadi pilihan yang tepat untuk dilombakan karena sesuai dengan kondisi kekinian serta cocok dilaksanakan pada kondisi pandemi Covid-19,” ujarnya.

“Perkembangan e-sport yang sangat pesat harus diwadahi dengan berbagai turnamen sehingga mahasiswa dapat mengembangkan bakat, minat dan prestasinya, mengingat e-sport ini juga sudah menjadi pertandingan eksebisi di event Pekan Olahraga Mahasiswa (POMNAS) XVI Jakarta 2019 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Dies Natalis ke-59 Unram, Prof. Dr. Gito Hadiprayitno, M.Pd., dalam sambutannya menegaskan bahwa Unram E-sport Championship 2021 ini menjadi salah satu kegiatan yang diadakan untuk memeriahkan Dies Natalis ke-59 Unram dengan sasaran utama mahasiswa yang mewakili masing-masing fakultas, dan masih terdapat beberapa lomba lainnya seperti lomba MC, lomba debat dan lain-lain yang juga menyasar mahasiswa dalam kepesertaannya.

“Saya berharap Turnamen Unram E-Sport Championship ini menjadi event reguler dan unggulan yang dapat diselenggarakan secara periodik sehingga menjadi wadah pembinaan dan pengembangan bakat mahasiswa serta dapat melahirkan atlet e-sport yang berprestasi di level nasional bahkan internasional,” ujar pria yang juga menjadi Wakil Dekan III FKIP Unram.

Tim FKIP Juarai E-Sport Mobile Legends

Tim FKIP yang dikomandani M. Triwahyu Syahputra berhasil menyabet juara pertama E-Sport Moblie Legends Dies Natalis ke-59 Unram, setelah mengalahkan kompetitornya, Fakultas Hukum yang dikomando oleh M. Miftah Faras Z. Turnamen Unram E-Sport Championship ini merupakan rangkaian gelaran kegiatan yang diadakan untuk memeriahkan Dies Natalis Unram ke-59, diikuti oleh pemain dari fakultas dan prodi di bawah Rektor.

Kedua Tim tersebut saling berhadapan dalam format pertandingan best of three, untuk memperebutkan kemenangan terlebih dahulu pada Final Unram E-Sport Championship 2021 yang disiarkan secara langsung pada kanal YouTube Official FKIP Unram, Sabtu 26 September 2021. Tim FKIP turun dengan line up: JAMET KUDASI; Cayu ft Aya’; Apell; hanz libert; Mas Lacto; Rita berhasil memperdaya Tim Fakultas Hukum yang menurunkan line up terbaiknya: Ohmyvynn; Jibsky; KonsletBaee.; OhMyM-God.; FreddyKrueger; C0RN0R dengan skor akhir 2-0.

Game pertama berlangsung dengan sangat sengit dan membutuhkan waktu 11 menit 31 detik permainan. Tim FKIP sukses meraih game pertama dengan poin yang cukup mencengangkan 22 poin kill berbanding 4 poin kill untuk Tim Fakultas Hukum.

Pada game kedua permainan juga masih terjadi dengan sangat sengit karena dari early game sampai late game kedua tim tidak berhenti melakukan war. Namun, pada game kedua ini Tim FKIP masih sangat tangguh sehingga mampu mengumpulkan 22 poin kill, dan Tim Fakultas Hukum hanya mengumpulkan 3 poin kill.

“Dukungan dan psywar juga terjadi di kolom komentar, suporter kedua tim juga terus memberikan dukungannya selama pertandingan berlangsung, tidak hanya di tonton oleh mahasiswa, pertandingan final yang sangat seru ini juga dipantau secara langsung oleh Wakil Dekan III FKIP Unram, Prof. Gito Hadiprayitno, M.Si.,” tukas Dr. Prayogi Dwina Angga, S.Or., M.Pd., sebagai koordinator Unram E-Sport Championship 2021.

Sementara itu, tidak kalah sengit, pertarungan perebutan Juara III terjadi antara Tim dari Fakultas Teknik melawan Fakultas Peternakan. Tim Fakultas Teknik harus puas menempati peringkat ketiga Unram E-Sport Championship 2021 setelah berhasil menumbangkan Tim Fakultas Peternakan dengan skor akhir 2-1 pada laga Sabtu malam, 25 September 2021. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional