Gelar PTM, 70 Sekolah di Lobar Belum Dapat Izin

Kadis Dikbud Lobar H. Nasrun dan jajaran saat menerima kunjungan Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dalam kegiatan Sambang OPD, Rabu, 13 Januari 2021. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Barat (Lobar) telah mengajukan sebanyak 70 sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka (PTM). Namun, Pemda bersama tim Covid-19 kabupaten belum memberi izin untuk di luar dari 11 sekolah yang telah melakukan simulasi tatap muka sejak tahun 2020 lalu.

“70 sekolah itu dari 10 kecamatan dari SD-SMP sudah kita verifikasi,” ungkap Kepala Dinas Dikbud Lobar, H. Nasrun, usai menerima Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dalam kegiatan Sambang OPD di kantornya, Rabu, 13 Januari 2021.

 Saat ini, ujarnya, Pemda dalam hal ini Tim Covid-19 disebutnya masih memproses pengajuan izin tersebut. Pihaknya pun, akan membentuk tim untuk turun verifikasi. Sehingga jika verifikasi dari tim tersebut menyatakan boleh, maka 70 sekolah tersebut akan dibuka. “Sekolah-sekolah itu sebenarnya sudah siap, dari sarana dan prasarana yang nurut aturan tatanan Covid sudah siap termasuk berkas-berkasnya” sebutnya.

Ia mengaku pihak Dinas Dikbud secara internal pun telah melakukan verifikasi, sehingga saat ini,  pihaknya hanya menunggu izin dari tim kabupaten. “Alhamdulillah kalau yang 11 sekolah ini berjalan lancar, tidak ada yang positif. Karena mereka selalu mengacu ke protokol Covid,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid mengaku hingga saat ini Pemda belum berani menambah izin untuk belajar tatap muka di luar 11 sekolah yang sudah simulasi. “Sampai saat sekarang kita belum berani menambah, Pak Kadis masih terus melakukan evaluasi,” tegasnya.

Dalam hal ini, pihaknya mengaku, menjaga komitmen merupakan hal yang sulit untuk dipertanggungjawabkan.(her)