Gelar Kompetisi Paragliding, Sumbawa Barat ‘Jual’ Mantar

Mataram (suarantb.com) – Bulan ini, Mantar Paragliding XC Open kembali digelar. Kompetisi yang berlokasi di Sumbawa Barat ini akan digelar pada 18-24 Juli 2017.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, H. Lalu Mohamad Faozal menyatakan acara Mantar Paragliding XC Open merupakan salah satu aktivitas yang digelar untuk memasarkan pariwisata di KSB. “Ini salah satu upaya Mantar kita angkat. Kami harap KSB siap mengelola aktivitas ini,” ujarnya Sabtu, 15 Juli 2017.

Iklan

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KSB, Gusti Bagus Sumbawanto menjelaskan kompetisi paralayang ini menjangkau level internasional. Diperkirakan ada 120 peserta dari berbagai negara yang akan bertanding di ketinggian Mantar.

“Ini event kelima, bisa disebut ini untuk persiapan piala dunia paragliding. Kalau ini berhasil, mudah-mudahan kita bisa menyelenggarakan event piala dunia paragliding,” jelasnya.

Sumbawanto sangat bersemangat menyambut acara kompetisi ini, karena ia mengaku KSB ingin fokus mengembangkan Mantar sebagai lokasi wisata. Meski saat ini, homestay pun tak tersedia di Mantar.

“Kita miliki banyak lokasi tapi kita ingin fokus ke Mantar. Dari provinsi sudah memberikan kita beberapa homestay, di Mantar itu homestay belum ada, sangat minim. Jalan-jalan juga akan kita perbaiki,” katanya.

Perbaikan jalan ini direncanakan Bagus akan membatasi pengunjung untuk tidak menggunakan kendaraan berupa motor dan mobil menuju ke sana. Solusinya dengan membuat jalan mengelilingi Mantar.

“Kita akan berdayakan masyarakat yang ada di sana. Yang selama ini masyarakat ke sana buat selfie, bawa nasi bungkus, botol, mereka hanya dapat sampahnya.  Nah, bagaimana supaya masyarakat Mantar ada manfaatnya dari segi pariwisata ini,” tandasnya. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here