Gelar Doa Dana untuk Cegah Pandemi Covid-19

Suasana kegiatan Doa Dana yang digelar pemerintah daerah (Pemda) di kantor – kantor Pemda Dompu, Jumat, 20 November 2020. Harapannya, pandemi Covid-19 benar – benar dijauhkan dari Kabupaten Dompu.(Suara NTB/ist)

Dompu (Suara NTB) – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Dompu menggelar doa dana berupa makan bubur untuk tolak balak pencegahan pandemi Covid-19. Doa tolak balak diawali dengan zikir bersama ini dilangsungkan di kantor – kantor Pemda Dompu yang melibatkan anak – anak, Jumat, 20 November 2020.

Sekretaris Tim gugus Covid-19 Kabupaten Dompu, Jufri, ST, MSI kepada Suara NTB, Jumat kemarin mengungkapkan, kegiatan doa dana dengan makan bubur di halaman kantor ini merupakan tradisi untuk doa tolak balak masyarakat Dompu. Kegiatan ini dilakukan karena masih maraknya pandemi Covid-19. “Kita berharap, dengan doa dana, pandemi Covid-19 akan segera berlalu dari wilayah Kabupaten Dompu khususnya dan dunia umumnya,” ungkapnya.

Tim Covid-19 Kabupaten Dompu juga telah menyikapi instruksi Mendagri RI untuk menegakkan protokol kesehatan Covid-19 dengan tindakan tegas di lapangan. Jika selama ini, berbagai instruksi dan himbauan sudah dikeluarkan untuk menerapkan protocol Covid-19, kini akan diambil tindakan tegas bagi yang melanggar.

“Sosialisasi sudah dilakukan selama 8 bulan. Tindakan tegas agar penerapan protocol Covid-19 akan dilakukan. Artinya, empat M (Memakai Masker, Menghindari Kerumunan, Menjaga Jarak minimal 1 Meter, dan selalu mencuci tangan) benar – benar dilakukan,” katanya.

Selain itu, Jufri mengaku, pihaknya akan kembali memperbaharui tim Covid-19 tingkat Kecamatan dan Desa, sehingga tim tersebut benar – benar efektif dalam pelaksanaannya. Yaitu dengan memaksimalkan aparat yang ada sebagai tim. (ula)