Gedung Kantor Dispora Batal Dibangun

Pengerjaan gedung kantor Dispora di Lingkungan Petemon, Kelurahan Pagutan Timur ini batal dilanjutkan tahun ini. Pembangunan lanjutan akan dianggarkan tahun depan. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pembangunan gedung kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora)  Kota Mataram batal. Alokasi anggaran bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tidak diperbolehkan. Penyelesaian pembangunan akan dilanjutkan di tahun 2022 mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram, Miftahurrahman menjelaskan, pembangunan kantor Dispora tidak bisa dilanjutkan, meskipun telah dianggarkan. Pengalokasian dana sebelumnya Rp3,5 miliar untuk penyelesaian gedung rupanya bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT). Sementara, alokasi DBHCHT hanya boleh digunakan untuk program kesehatan dan penegakan hukum. “Kita tunda dulu. Ternyata, anggarannya berasal dari DBHCHT. Sementara, DBHCHT untuk kesehatan dan penegakan hukum,” kata Miftah.

Iklan

Proyek pembangunan gedung Dispora sambungnya, akan dilanjutkan di anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2022 mendatang. Perencanaan ini pun tergantung dari kondisi finansial daerah. Harapannya gedung kantor Dispora dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) bisa tuntas. “Tergantung nanti kondisi anggaran,” ucapnya.

Seperti diketahui, pembangunan gedung Dispora mulai dibangun tahun 2017 lalu dengan alokasi anggaran Rp1,5 miliar. Kemudian berlanjut di 2019 dengan anggaran sekitar Rp2 miliar. Kendati demikian, pembangunan kantor Dispora belum tuntas.

Miftah sangat mengharapkan kondisi finansial daerah bisa kembali normal di tengah guncangan pandemi Covid-19, sehingga program yang telah direncanakan sebelumnya bisa terealiasi. Adapun kebutuhan anggaran dipastikan mengalami perubahan mempertimbangkan kenaikan harga material setiap tahunnya naik 10 persen. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional