Hotel Lombok Astoria Siap Berikan Pelayanan Maksimal dengan Tim Kerja Terlatih

Rahman Hidayat (Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Perkembangan industri perhotelan tidak terlepas dari fasilitas dan layanan yang ditawarkan dengan berbagai cara, baik dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring).  Sinkronisasi antara promosi dalam bentuk paket-paket menarik yang ditawarkan dengan apa yang benar-benar dimiliki hotel menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi tim kerja front office yang menjadi ujung tombak pelayanan.

Hal tersebut diterangkan Front Office Manager Hotel Lombok Astoria, Rahman Hidayat, Minggu, 1 Desember 2019. Sinkronisasi sendiri diakui menjadi hal yang sangat penting untuk mengakomodir kebutuhan seluruh pangsa pasar yang ada. “Tantangannya adalah bagaimana mengelola kebutuhan/keinginan dari tamu selama menginap. Jika kami tidak dapat mengelolanya dengan baik maka dampak besar yang akan ditimbulkan adalah adanya komplain dari tamu tersebut,” ujarnya.

Untuk mengahadapi berbagai macam komplain dari pelanggan tersebut, kata Rahman, tim Front Office membutuhkan keahlian khusus. Oleh karena itu, Hotel Lombok Astoria telah menyiapkan sumberdaya manusia (SDM) terlatih untuk menjamin pelayanan tamu, khususnya oleh tim front office seperti recepsionist dan lain-lain.

Selain sebagai Front Office Manager, Rahman juga mengemban tugas sebagai ketua Hotel Front Liner Association (HFLA), dan bersama HFLA pihaknya juga memiliki visi misi untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas SDM. Oleh karena itu, bersama HFLA, pihaknya kerap mengundang para manajer dari berbagai daerah contohnya dari Bali dan Jakarta untuk berbagi dalam bentuk pelatihan bagi tim kerja Hotel Lombok Astoria.

“Biasanya kami minta mereka untuk berkunjung dua bulan sekali untuk sharing apa perkembangan yang perlu dihadapi hotel saat ini,” ujarnya. Khususnya dari segi hospitality dan kemampuan berbahasa. “Kita akan tingkatkan kemampuan dan kualitas SDM kita dari segi pengetahuan, keahlian, dan kesiapan SDM tersebut. Tapi rata-rata kendalannya itu memang kesiapan SDM tersebut,” sambungnya.

Rahman menerangkan tim kerja front office di Hotel Lombok Astoria saat ini telah dilatih untuk memiliki rasa percaya diri dalam menghadapi komplain dari tamu. “Mereka bisa menganalisa dengan lebih tenang, dalam menghadapi hal itu. Dan bisa menemukan solusi dalam waktu yang cepat dan tepat,” pungkasnya. (bay)