Ribuan Penonton Terkesan Pagelaran Festival Senggigi Sunset Jazz

Ruth Sahanaya, foto bersama dengan Wagub NTB, Hj.Sitti Rohmi Djalilah, Bupati Lobar, H.Fauzan Khalid, Wabup Lobar, Hj. Sumiatun dan yang lainnya dalam Festival Senggigi Sunset Jazz (SSJ) 2019, Minggu, 3 November 2019. (Suara NTB/her)

Lihat postingan ini di Instagram

Kombinasi sempurna antara indahnya panorama pantai saat senja sambil menikmati alunan #musik #jazz, kembali ditawarkan Pemerintah Kabupaten #Lombok Barat (Lobar). Dipadukan dengan konsep unik yang ditampilkan pada event tahunan Pemkab Lobar ini sukses memukau penonton. . Melalui gelaran #SenggigiSunsetJazz2019 pengunjung disuguhi penampilan sederet bintang ternama. Ada diva Indonesia Ruth Sahanaya, #Tompi dan #Raisa serta Youtuber asal Lombok Tami Aulia. Tidak ketinggalan musisi lokal dan penampilan Gendang Beleq juga meriahkan event tahunan Pemkab Lobar. Festival SSJ kali ke tiga yang digelar Pemda Lobar inipun menuai pujian dan apresiasi dari para pengunjung, Pemprov dalam hal ini Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah dan utusan Kemenpar diwakili Asdep Pemasaran I Regional III M. Ricky Fauziyani yang hadir dalam kesempatan itu.

Sebuah kiriman dibagikan oleh SUARANTB.com (@suarantbcom) pada

Giri Menang (Suara NTB) – Kombinasi sempurna antara indahnya panorama pantai saat senja sambil menikmati alunan musik jazz, kembali ditawarkan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Dipadukan dengan konsep unik yang ditampilkan pada event tahunan Pemkab Lobar ini sukses memukau penonton.

Melalui gelaran Senggigi Sunset Jazz (SSJ) 2019, pengunjung disuguhi penampilan sederet bintang ternama. Ada diva Indonesia Ruth Sahanaya, Tompi dan Raisa serta Youtuber asal Lombok Tami Aulia. Tidak ketinggalan musisi lokal dan penampilan Gendang Beleq juga meriahkan event tahunan Pemkab Lobar. Festival SSJ kali ke tiga yang digelar Pemda Lobar inipun menuai pujian dan apresiasi dari para pengunjung, Pemprov dalam hal ini Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah dan utusan Kemenpar diwakili Asdep Pemasaran I Regional III  M. Ricky Fauziyani yang hadir dalam kesempatan itu.

Senggigi Sunset Jazz yang digelar Minggu, 3 November 2019 berlangsung semarak. Penonton yang memadati lokasi acara di Pantai Kerandangan Senggigi sejak sore hingga malam hari larut dalam lantunan musik dan lagu yang dibawakan mulai dari penampilan musisi lokal Betelu feat Kevin, Pipiet and The Maiqane’s sebagai pembuka.

Selanjutnya, diva Indonesia Ruth Sahanaya menemani para penonton melewati suasana senja dengan membawakan sejumlah lagu populer seperti Ingin Kumiliki, Bawa Daku Pergi, dan lainnya. Penampilan Ruth yang ditunggu-tunggu penonton pun berhasil memukau pengunjung. Penonton diajak bernostalgia dengan lagu-lagu hitsnya.  Penampilan penyanyi yang akrab disapa Mama Uthe ini semakin apik saat rona jingga cakrawala sunset di Pantai Kerandangan saat itu memancarkan auranya.

Semangat sang diva ternyata menulari para pengunjung SSJ. Tak terkecuali Wagub Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang hadir dalam event tahunan itu. Wagub tampak bersemangat dan sangat menikmati penampilan Mama Uthe. Sesekali, Wagub terlihat ikut bernyanyi mengikuti sang diva. Bahkan sebelum Mama Uthe tampil, Wagub sempat menyanyikan beberapa bait lagu Ingin Kumiliki dari seberang panggung.

Memanfaatkan momentum, Wagub bersama Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid, Wakil Bupati Hj. Sumiatun, dan para pejabat lainnya berfoto bersama dengan sang idola.  ‘’Ia memang Ruth Sahanaya idola saya. Saya hafal semua lagu-lagunya,’’ ungkap Wagub bahagia.

‘’Kita hadir di Senggigi yang indah ini menunjukkan eksistensi dari Lombok-Nusa Tenggara Barat sebagai destinasi wisata terdepan di dunia. Semoga wisatawan makin banyak mengunjungi Lombok, dan pariwisata NTB semakin maju ke depan,’’ harapnya.  Kesan positif juga disampaikan Weti (45), salah satu pengunjung asal Bali. Fans berat Mama Uthe ini mengaku sengaja datang bersama teman-temannya untuk menyaksikan acara SSJ 2019 ini. ‘’Lagu-lagunya Mama Uthe kan emang lagu di masa (remaja) saya dulu. Lahu favorit saya itu Astaga,’’ ungkapnya. ‘’Tadi udah Mama Uthe dan nanti mau nunggu Tompi,’’ sambungnya.

Sore menjelang malam, penonton masih memadati lokasi SSJ. Mereka enggan beranjak dari lokasi.

Malam harinya, para pengunjung dihebohkan dengan penampilan Youtuber asal Lombok Tami Aulia. Ditemani gitar andalannya, musisi asal Praya-Lombok Tengah ini membawakan beberapa lagu populer yang dicover sesuai dengan style-nya. Salah satunya, dara 21 tahun itu memperkenalkan lagu berbahasa Sasak miliknya yang berjudul ‘’bedede’’.

Usai bergalau dengan lagu yang dibawakan Tami, penonton kemudian dihibur dengan penampilan energik Tompi. Membawa musik bergenre jazz yang dipadukan dengan pop, Tompi sukses menghidupkan suasana malam. Festival SSJ ini kemudian ditutup dengan penamilan sang bintang utama, Raisa. Penampilan Raisa inipun disambut riuh sorak sorai penonton. Setelah menyanyikan dua lagu, penyanyi yang bernama lengkap Raisa Andriana menyapa penonton secara langsung.  ‘’Udah lama sekali ya saya gak ke Lombok. Ternyata masih ada kehangatan setelah sekian lama,’’ sapa penyanyi kelahiran 1990 ini. Suasana makin hangat saat Raisa mengenalkan single terbarunya yang berjudul “You”.

Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid dalam sambutannya yang didampingi Asdep Pemasaran dan Netty Rustiningsih, Project Director SSJ 2019 mengaku begitu bangga dengan event tahunan ini. Ia bahkan menjanjikan kejutan di Senggigi Sunset Jazz tahun 2020 mendatang. Di mana artis yang akan diundang sesuai permintaan masyarakat Lombok yang disampaikan melalui media sosial akun dari Senggigi Sunset Jazz. Tidak hanya artis nasional bahkan mancanegara siap dihadirkan sesuai permintaan masyarakat.

‘’Kami menunggu usulan dari penonton untuk menghadirkan artis di tahun berikutnya,’’ ujar Fauzan. Menurutnya, Pemkab Lobar hanya bisa mendukung dengan memfasilitasi event yang digelar untuk membangkitkan pariwisata NTB, khususnya Lobar. Selain itu Fauzan juga menyampaikan jika pihaknya ingin memberikan yang terbaik bagi warga Lobar maupun Lombok. ‘’Kesusksesan dari setiap event tergantung dari masyarakat dalam berpertisipasi,’’ katanya.

Sementara itu, Deputi Pemasaran menyambut baik event Senggigi Sunset Jazz itu. Ia berpesan kepada para penonton yang hadir untuk memanfaatkan media sosial yang dimiliki. Dengan mengupload di akun media sosial masing-masing untuk menggaungkan event ini.

Ditemui beberapa saat usai tampil, para artis juga mengungkapkan kekagumannya dengan festival tersebut.  Tompi mengaku atmosfir yang diberikan penonton sangat seru. Tompi bahkan mengaku siap jika diundang lagi untuk Lombok. ‘’Malam ini seru banget, saya baru pertama kali main di jazz walaupun segmentasinya enggak jazz-jazz amat ya. Respons masyarakat bagus banget.’’

‘’Orang Lombok top, emosinya enak. Bagaimana kalau Minggu depan diundang lagi, kita ulang lagi,” ujarnya tertawa. Senada dengan Tompi, Raisa pun mengaku senang diundang untuk tampil ke Lombok. Raisa juga tidak ragu jika diundang kembali pada gelaran SSJ tahun depan.  ‘’Memang saya sudah beberapa kali ke sini. Cuma perasaannya selalu seru ya, karena bergabung dengan alam. Terus juga suasananya itu segar-segar romantis gimana gitu kalau dipinggir pantai jadi cocoklah sama lagu-lagu aku. Raisa Lombok itu udah heboh banget, jadi aku berharap nanti nyanyinya pasti seru,’’ katanya sesaat sebelum perform. Ia pun menjadikan Lombok sebagai salah satu daerah favoritnya. (her/*)