Maret 2021, Sirkuit MotoGP Mandalika Gelar Uji Coba

Pengerjaan Sirkuit MotoGP Mandalika terus berjalan. Direncanakan, Maret 2021 mendatang, Sirkuit MotoGP Mandalika akan gelar uji coba. (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika saat ini sudah memasuki tahap ground working berupa pembangunan badan jalan dengan capain sekitar 30 persen. Untuk pengaspalan badan jalan akan dimulai pada Januari 2020 mendatang. Sebelum kemudian dilanjutkan dengan upgrading permukaan badan jalan menjadi lintasan balap.

Seluruh tahapan pembangunan sirkuit MotoGP jalan raya pertama tersebut ditargetkan rampung dalam waktu 18 bulan atau sampai akhir tahun 2020 mendatang. Untuk selanjutnya, pada bulan Februari atau paling lambat bulan Maret tahun 20210, sirkuit MotoGP Mandalika ditargetkan sudah bisa menggelar uji coba pra musim balapan MotoGP musim 2021.

‘’ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) dan tim Mandalika Grand Prix Association (MGPA) memastikan pembangunan sirkuit dapat selesai akhir tahun 2020. Sehingga dapat menjamu tes pra-musim 2021 yang diperkirakan berlangsung Februari atau Maret 2021. Sebelum musim balap 2021 dimulai,’’ ujar Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer, dalam rilis yang diterima Suara NTB, Selasa, 29 Oktober 2019.

Dikatakannya, Sirkuit Mandalika dibangun di tengah kompleks pariwisata The Mandalika. Memiliki panjang lintasan sekitar 4,31 km dengan 17 tikungan di dalamnya. Ini merupakan sirkuit MotoGP pertama dan satu-satunya di dunia dengan konsep sirkuit jalan raya.

Pihaknya pun mengaku sangat optimis pembanguann sirkuit tersebut bisa selesai tepat waktu. Karena ITDC dalam hal ini tidak sendiri. Pemerintah pusat juga sangat mendukung. Bahkan beberapa fasilitas penunjang yang menuju sirkuit MotoGP akan dibangun oleh pemerintah pusat.

Seperti jalan by pass dari Lombok International Airport (LIA) menunju kawasan The Mandalika sepanjang 17,39 km. Ditambah beberapa fasilitas pendukung lainnya. ‘’Pembangunan sirkuit MotoGP ini bukan proyek ITDC saja. Tapi proyek Indonesia,’’ tegasnya.

Pada Senin (28/10) kemarin, untuk pertama kalinya CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, selaku penyelenggaran MotoGP meninjau langsung proses pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika tersebut. Guna melihat secara langsung proses pembangunan sirkuit tersebut. Dan, puas setelah melihat progres pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika.

‘’Kedatangan CEO Dorna ke lokasi pembangunan sirkuit MotoGP menjadi tambahan semangat bagi kami untuk bekerja keras menuntaskan proyek pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika,’’ imbuhnya. Bahwan pihak Dorna memastikan kalau kawasan The Mandalika bakal menggelar balap MotoGP tahun 2021 mendatang.

Sementara itu, Wabup Loteng, H.L. Pathul Bahri yang dikonfirmasi terpisah menegaskan, untuk tiket balap MotoGP di sirkuit MotoGP Mandalika sudah bisa dipesan mulai bulan November mendatang. Hal itu menandakan kalau gelaran balapan MotoGP di kawasan The Mandalika bukan hanya rencana saja. ‘’Mulai November mendatang tiket menonton balap MotoGP di kawasan The Mandalika sudah bisa dipesan secara online,’’ tegasnya. (kir)