Semangat Dorong Pariwisata, Ribuan Orang Ikuti Aruna #Senggigifunwalk 2019

Pelepasan peserta #Senggigifunwalk 2019 di depan Aruna Seaview Restaurant, Minggu, 27 Oktober 2019. (Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Aruna Senggigi Resort and Convention menggelar kegiatan fun walk atau jalan santai bertajuk #Senggigifunwalk, Minggu, 27 Oktober 2019. Bertempat di Aruna Seaview Restaurant, kegiatan yang bertujuan untuk mendorong geliat pariwisata tersebut dihadiri hampir 2.000 orang.

“Ketika kita lihat jumlah peserta lebih banyak dari tahun lalu. Dari situ kita melihat masyarakat ini memang berharap ada kegiatan-kegiatan seperti ini,” ujar General Manager (GM) Aruna Senggigi, Weni Kristanti, ditemui di sela-sela kegiatan. Kegiatan yang diselenggaranan untuk kali kedua tersebut sebelumnya hanya menargetkan peserta sebanyak 1.500 orang.

Diterangkan Weni pihaknya sengaja memilih bulan Oktober sebagai waktu penyelenggaraan. Hal itu mengikuti kegiatan serupa tahun sebelumnya yang juga dilaksanakan pada bulan Oktober 2018. Tepat dua bulan pascagempa yang terjadi Agustus 2018.

Selain itu, tanggal 27 Oktober juga dipilih untuk menyambut sumpah pemuda yang jautuh pada 28 Oktober. Melihat animo masyarakat yang cukup tinggi, Aruna Senggigi mencanangkan program fun walk tersebut dapat menjadi acara rutin tahunan.

Menurut Weni, konsep fun walk sengaja dipilih mengingat sifatnya yang murah-meriah. “Satu sisi menyehatkan, di sisi lain juga kita bisa mengajak peduli terhadap lingkungan,” ujarnya. Dimana sembari berjalan ribuan peserta sekaligus diajak untuk membersihkan pesisir dari sampah plastik. “Jadi masyarakat bisa terlibat,” sambungnya.

Diterangkan Weni saat ini Senggigi masih menjadi salah satu primadona pariwisata di NTB. Karena itu, pelaku industri perlu berinisiatif untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat mendongkrak pamor tersebut. “Dengan kegiatan seperti ini kita mencoba memberikan exposure kepada masyarakat untuk berkunjung ke Senggigi,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut peserta juga diberi kesempatan memenangkan undian dengan berbagai hadiah menarik seperti kupon gratis menginap di Aruna Senggigi, Sepeda, dan televisi 32 inch. Peserta sendiri mengikuti rute berjalan dari Aruna Seaview Restaurant hingga ke Pasar Seni Senggigi melalui jalan utama untuk dilanjutkan kembali ke titik awal dengan menyusuri pesisir pantai.

Peserta kegiatan sendiri tidak hanya berasal dari wilayah sekitar Senggigi, namun datang juga dari Kota Mataram dan sekitarnya. Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Utama PT. Dharma Lautan Utama, perwakilan Novotel, Kadispar Lobar, Ketua PHRI NTB, dan Wakapolda NTB beserta jajaran utama Polda NTB.

Turut memberikan sambutan pembuka Wakapolda NTB, Brigjen Pol. Drs. Tajudin, yang menerangkan pentingnya kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan geliat pariwisata terus dilakukan. “Kita berterimakasih banyak kepada jajaran manajemen Aruna yang bisa melaksanakan kegiatan seperti ini secara rutin,” ujarnya.

Diterangkan Tajudin kegiatan fun walk yang diselenggarakan Aruna akan memberikan dampak positif bagi pariwisata Kota Mataram dan Lombok Barat. Pasalnya, animo masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut cukup tinggi.

Tajudin sendiri menrangkan bahwa hal terpenting dari peningkatan pada sektor pariwisat adalah menjamin kestabilan ekonomi yang sempat menurun pascagempa. Dimana hal tersebut erat kaitannya dengan keamanan dan kondisi ketertiban di masyarakat.

“Kalau masyarakat sudah bangkit kembali, ekonomi sudah bangkit kembali. Tentunya keamanan bisa terjamin dengan baik. Ini yang kita harapkan,” ujar Tajudin.

Menurut Tajudin, pelaku pariwisata memang perlu bergerak aktif untuk mendukung geliat pariwisata. Selain itu seluruh pihak atau stakeholder terkait juga perlu turut aktif melakukan pengembangan-pengembangan.

“Ini bentuk partisipasi kita untuk menggerakkan pariwisata yang ada di Senggigi. Dengan kegiatan ini tentunya membawa harapan ke depan untuk lebih baik,” pungkasnya. (bay)