Kemenhub Bangun Pelabuhan Gili Trawangan

Gili Trawangan (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun Pelabuhan Gili Trawangan tahun 2019 ini. Rencananya, Pelabuhan Gili Trawangan akan lebih bagus dari Pelabuhan Lembar.

Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara Dinas Perhubungan NTB, Muhammad Syakaruddin menyebutkan, pembangunan Pelabuhan Gili Trawangan direncanakan dua tahun anggaran. Tahun 2019, Kemenhub akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp15 miliar.

Pelabuhan yang akan dibangun akan dilengkapi dengan sarana prasarana perkantoran dan ruang pertemuan. ‘’Mungkin ruang terminalnya di atas laut juga. Dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman. Pelabuhan ini lebih bagus dengan Lembar,’’ kata Syakaruddin dikonfirmasi Suara NTB di Mataram, pekan kemarin.

Ia mengatakan, pembangunan Pelabuhan Gili Trawangan ini untuk mendukung pariwisata Lombok khususnya tiga gili yang ada di Lombok Utara. Dalam kondisi normal, ribuan wisatawan dari Bali berkunjung ke Gili Trawangan.

Syakaruddin menjelaskan, proyek ini sedang dalam proses tender. Pihaknya belum mengetahui secara detail kapan akan mulai dikerjakan karena ditangani langsung Kemenhub. Namun untuk pengerjaan tahap pertama, akan dibangun dermaga beton dan dermaga apung.

Untuk anggaran untuk tahap II, ia belum mengetahui besarannya. Tetapi yang jelas, akan ada anggaran tahap II untuk pembangunan sarana prasarana penunjang. Mengenai lokasi pembangunan pelabuhan, ia mengatakan sudah tak ada masalah.

Meskipun kawasan Gili Trawangan merupakan kawasan konservasi. Namun, kata Syakaruddin, sudah ada zona-zonanya. ‘’Zona pelabuhan, budidaya, penangkapan, pemanfaatan. Zona pelabuhan sudah jelas,’’ tandasnya. (nas)