Menikmati Akhir Pekan di Pantai Wane

Mataram (Suara NTB) – Kabupaten Bima menyimpan banyak potensi destinasi wisata. Salah satunya Pantai Wane. Pantai yang terletak di Desa Tolotangga, Kecamatan Monta ini merupakan salah satu destinasi di Bima yang belakangan semakin banyak dikunjungi wisatawan.

Jika ingin mencari pantai yang sepi dan tenang, Pantai Wane bisa menjadi pilihan yang tepat. Wisatawan akan menemukan hamparan pasir putih dan suara gemuruh ombak Tidak banyak orang yang berkunjung ke sini. Mungkin alasan orang jarang yang mengunjungi pantai ini, karena faktor letaknya yang cukup jauh dari kota dan juga akses jalan yang kurang baik.

“Jalannya memang kurang bagus, tapi kalau sudah sampai itu bisa mengobati semua rasa lelah di perjalanan,” kata warga Bima M. Alfian, Minggu, 19 November 2017.

Baca juga:  Dikeluhkan, Ruas Jalan Kawasan Wisata Senggigi Gelap Gulita

Selain hamparan pasir putih dan air laut yang jernih, di Pantai Wane juga wisatawan dapat menikmati ikan segar hasil tangkapan nelayan dengan harga yang relatif murah. Karena di sini juga dijadikan pusat keluar masuknya nelayan yang akan melaut. Nelayan dan penduduk setempat juga sangat ramah pada wisatawan.

“Harga ikan yang dijual nelayannya juga murah-murah. Puas juga milih jenis ikannya, banyak,” ujarnya.

Meski demikian, di Pantai Wane belum ada fasilitas apapun. Sehingga akan sedikit menyulitkan wisatawan yang datang. Tidak ada toilet maupun musala di pantai ini. Wisatawan tidak bisa menikmatinya berlama-lama karena kendala fasilitas yang masih minim.

Baca juga:  Sensasi Wisata Alternatif Jalur ‘’Offroad’’ Gunung Tambora

“Belum ada apa-apa di sana memang. Kami berharap Pemda bisa lebih memperhatikan pantai ini,” ujarnya.

Ia berharap kedepannya Pemda Bima dapat lebih memerhatikan Pantai Wane. Karena pantai ini memiliki potensi untuk mendatangkan banyak wisatawan. Sebab keindahan Pantai Wane juga tidak kalah dibandingkan dengan destinasi lain di Bima. Apalagi belakangan sudah semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung. Terutama wisatawan lokal.

“Kalau sudah ada fasilitasnya kan enak ya. Wisatawan bisa berlama-lama dan bisa menikmati Pantai Wane dengan santai. Kalau sekarang masih belum bisa, tapi kami berharap ke depannya itu bisa terwujud,” harapnya. (lin)