Menikmati Keindahan Tiga Gili dari Bukit Malaka

Tanjung  (suarantb.com) – Ingin menikmati keindahan Pulau Lombok dari ketinggian, tapi malas berkendara jauh ke Sembalun? Bukit Malaka di Desa Malaka Kecamatan Pemenang Lombok Utara bisa destinasi yang tepat. Jaraknya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Mataram bisa menghemat waktu perjalanan.

Tapi bagaimana dengan pemandangan yang disuguhkan dari puncak Bukit Malaka? Tidak kalah indah dari Bukit Nanggi di Sembalun. Tiga gili yang ada di Lombok Utara yaitu, Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air terlihat jelas di depan mata. Demikianlah pemandangan yang didapat suarantb.com kala menjejaki puncak bukit setinggi sekitar 90 meter tersebut, Minggu, 10 September 2017.

“Selain tiga gili, kita juga bisa lihat pemandangan Kota Mataram dan Gunung Rinjani. Kalau di Bukit Nanggi kan yang kelihatan cuma Rinjani, jadi di situ bedanya. Bukit Malaka tidak kalah keren,” ucap Hadi, salah seorang pengunjung.

Pengunjung asal Mataram ini mengaku tertarik untuk mendaki Bukit Malaka atas ajakan teman. Meski awalnya ogah-ogahan, ternyata ia justru mendapat pemandangan menakjubkan setelah berhasil sampai di puncak bukit.

“Kemah di sini kayaknya bagus, bisa lihat Kota Mataram di malam hari dari puncak bukit,” katanya.

Selain suguhan pemandangan yang menakjubkan, hal unik yang bisa ditemukan sesampai di puncak bukit, yaitu bangunan rumah keluarga H. Salam. Keluarga yang di era modern ini memilih untuk menetap jauh dari keramaian dengan membangun rumah di puncak bukit.

Ada pesan moral penting yang didapat usai bercakap-cakap dengan H. Salam, yakni usaha keras ia dan keluarga untuk bertahan hidup dengan memanfaatkan air dari tetesan akar pohon. Tiap hari, tiga kali sehari, ia turun naik bukit menenteng botol-botol plastik guna menampung air.

“Biasanya kita turun naik mbil air tiga kali sehari, pagi, siang dan sore. Ini biasanya buat keperluan makan sama wudhu,” curhat H Salam.

Mengenai Bukit Malaka sendiri, diakui salah seorang warga, Nanda belum ramai didatangi orang. Hanya warga sekitar Pemenang yang kerap melakukan pendakian. “Biasanya yang sering naik itu anak-anak sekolah sekitar sini, anak pramuka begitu. Kadang guru-guru SD juga ajak anak muridnya mendaki pas hari libur gitu,” akunya.

Bagi pecinta wisata mendaki, Bukit Malaka bisa jadi destinasi selanjutnya. Tak terbayangkan keindahan saat berkemah di puncak bukit kemudian disuguhkan pemandangan gemerlap lampu Kota Matarm dan Tiga Gili. Sungguh pengalaman yang layak dicoba. (ros)