Bukit Sekitar Gunung Rinjani Terbakar

Petugas Koramil Sembalun dan Polhut saat mengecek ke lokasi kebakaran. (Suara NTB/ist_lettu a.wahab)

Mataram (Suara NTB) – Bukit sekitar Gunung Rinjani terbakar lagi. Titik api kali ini terlihat di sekitar Hutan Pusuk, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Hingga Selasa, 30 Juli 2019 pukul 22.00 Wita, titik api masih dalam proses identifikasi.

Menurut Danramil 1615-10/Sembalun Lettu Inf Abdul Wahab, titik api terlihat dari pemukiman penduduk di Desa Sembalun. Kejadian di Bukit Sebau yang letaknya lebih dekat dari kawasan Pusuk. Petugas menemukan hotspots atau titik api pada koordinat S.08°26’14,5” E. 116°32’57,0″ berada di bukit Pempana, wilayah KPHL Rinjani Timur Resort Suela.

Baca juga:  Dirambah untuk Tanaman Jagung, Kebakaran Hutan dan Lahan di NTB Capai 1.933,5 Hektare

Namun belum dipastikan berapa luas area yang terbakar. “Kami belum tahu berapa luas area yang terbakar. Makanya malam ini kami sedang melakukan pengecekan ke lokasi. Tapi persisnya sudah bisa dipastikan di hutan Pusuk,” kata Abdul Wahab kepada Suara NTB sekitar Pukul 22.00 Wita.

Malam itu juga Abdul Wahab bersama anggota Polhut Lalu Wirajaya dan Anggota Koramil Sembalun Kopka Suyanto terjun ke lokasi.

Belum dipastikan penyebab kebakaran padang savana di kawasan tersebut. Tapi api diperkirakan sejak petang dan diperkirakan menjalar hingga tengah malam. “Titik api terlihat dari Selong juga,” ungkapnya.

Baca juga:  Hutan Gunung Giri Menang Terbakar

Pemantauan di lakukan di lokasi Suren Genang dan Pidana. Namun karena gelap, jarak pandang terbatas sehingga sulit menyangkau lokasi.

Kebakaran ini menjadi peristiwa kedua kali, terakhir Juni lalu, sekitar 100 hektar padang savana di Bukit Kondo terbakar. Kawasan itu masuk kewenangan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Terkait kejadian malam ini, hingga berita ini ditulis belum ada penjelasan resmi TNGR. (ars)