Ini Daerah yang Diprediksi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di NTB

Mataram (suarantb.com) – Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, diprediksi masih akan mengguyur NTB selama 3 hari kedepan. Sejumlah wilayah di NTB diimbau untuk mewaspadai terjadinya hujan lebat dengan disertai angin kencang. Diantaranya Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa Besar, Dompu, Bima dan Sape.

Berdasarkan data yang dilansir Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas II Bandara Internasional Lombok, masyarakat juga diminta untuk mewaspadai terjadinya gelombang tinggi di Selat Lombok. Selat Alas, Selat Sape, Perairan Utara, dan Perairan Selatan NTB yang diperkirakan mencapai 2 meter. Terutama bagi perahu nelayan dan tongkang.

Suhu udara, diprediksi berada dalam kisaran 23-33 derajat celcius mulai tanggal 2-4 Februari 2017. Dengan kelembapan udara mencapai 75 hingga 100 persen. Angin permukaan bertiup dengan variasi arah dominan dari Barat Daya hingga Utara dengan kecepatan angin maksimum mencapai 35 km/jam.

Daerah konvergensi angin yang memanjang mulai dari Sumatera Barat hingga Jawa Barat, NTT, Laut Arafuru, dan Papua. Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan yang menimbulkan hujan di wilayah NTB.

Berdasarkan data  yang dikeluarkan BMKG Stasiun Klimatologi Kelas I Kediri Lombok Barat,  pusat tekanan rendah terjadi semakin intens di wilayah selatan Bali dan Nusa Tenggara. Selain itu, pertumbuhan awan-awan konvektif di selatan NTB bersuhu di kisaran (-80) hingga (-100) derajat celcius.

Suhu Permukaan Laut / Sea Surface Temperature (SST) di wilayah Bali dan NTB berada dalam kondisi hangat dengan kisaran suhu 28 hingga 29,5 derajat celcius. Faktor-faktor tersebut berdampak pada peningkatan curah hujan di wilayah NTB dan sekitarnya.

Prakirawan Cuaca Stasiun Klimatologi Kelas I Kediri, Hamdan Nurdin mengungkapkan bahwa kondisi hujan akan terus mengguyur NTB selama tiga  hingga empat hari kedepan. Ia juga mengimbau agar masyarakat perlu waspada akan dampak dari hujan yang masih akan turun di NTB.

  Pemprov NTB Bantah Pembiaran atas Pembalakan Hutan

“Yang perlu diwaspadai dengan kondisi hujan yang cukup intens dan disertai angin kencang seperti sekarang ini yaitu bisa berdampak pada bencana alam seperti pohon tumbang, banjir dan tanah longsor,” ujarnya melalui pesan singkat, Kamis, 2 Februari 2017. (hvy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here