Tinjau Lokasi Banjir Lotim, TGB Perintahkan Rehabilitasi Pasca Banjir Segera Dilakukan

Mataram (suarantb.com) – Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi, meninjau secara langsung korban banjir di Dusun Penendem Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur (Lotim) , Selasa, 21 November 2017.  Usai melakukan peninjauan dan memberikan motivasi kepada masyarakat ditempat penampungan, Gubernur langsung memerintahkan kepada seluruh jajaran terkait untuk melakukan koordinasi dalam proses percepatan rehabilitasi pasca banjir.

“Warga kita harapkan tidak terlalu lama berada di tempat penampungan, apalagi di tenda seperti ini,” ujar TGB saat meninjau tenda pengungsian warga. Oleh karena itu, Gubernur memerintahkan BPBD NTB dan BPBD Lotim  setelah tanggap darurat selesai untuk segera melakukan pendataan terhadap korban terdampak banjir.

Rumah-rumah warga yang hancur akibat banjir sehingga dapat kembali ditempati warga. “Kita harapkan rumah-rumah warga yang betul-betul hancur untuk segera kita bangun. Kita masukkan dalam program pembangunan rumah layak huni untuk tahun 2018. Kalau bisa untuk percepatan kita upayakan, ini adalah kerja sama antara pemerintah provinsi dan kabupaten Lombok Timur,” harapnya.

Sebagai upaya untuk memastikan kelancaran distribusi bantuan bagi korban banjir, TGB menyerahkan secara langsung bantuan sembako dan alat-alat tulis kepada anak-anak sekolah di Desa Sepit. Juga menyerahkan santunan kepada keluarga korban meninggal dunia.

“Saya sangat berterima kasih kepada teman-teman TNI, Polri dan BPBD serta masyarakat yang telah bekerja keras melakukan pembersihan di lokasi banjir dan pengamanan terhadap para korban banjir. Semangat gotong royong masyarakat, baik kepala desa yang datang langsung bersama masyarakatnya membawa bantuan. Ini adalah cermin nyata semangat kegotong royongan masyarakat,” ungkapnya. (ros)