Foto Kuda Laut Bawa “Cotton Bud” di Laut Sumbawa Viral di Dunia

0

Mataram (suarantb.com) – Foto seekor kuda laut yang ‘membawa’ sampah cotton bud di perairan Sumbawa, yang diambil oleh seorang fotografer alam profesional Justin Hofman menjadi viral. Bahkan dua media asal Amerika, Washington Post dan USA Today juga menulis berita tentang foto tersebut.

Dilansir dari mongabay.co.id, Justin secara kebetulan mengambil foto kuda laut membawa cotton bud tersebut saat menyelam di perairan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Foto ini mengundang keprihatinan, lantaran secara alamiah kuda laut yang hidup di kawasan terumbu karang, umumnya ekornya biasanya dililitkan di karang atau rumput laut. Ini dilakukan agar kuda laut tetap stabil berada di posisinya dan tidak terombang ambing karena terbawa arus laut.

Foto tersebut mengejutkan banyak orang, dan hampir semua komentar menyatakan kesedihan dan kekagetan akan betapa sudah begitu parahnya polusi sampah di lautan Indonesia. Bahkan, foto yang diunggah di akun instagram Justin, justinhofman yang memuat foto tersebut, pantauan suarantb.com hingga hari ini telah mengundang ratusan komentar.

Di satu sisi, warganet memuji karya foto Justin yang memukau. Di sisi lainnya, mereka mengungkapkan kemarahan dan kesedihan, karena foto ini benar-benar membuka mata akan bahaya sampah yang dibuang di lautan.

Akun mas_arianto menyayangkan kejadian tersebut. “Lucu tapi kasihan buat laut Indonesia … Mulai dari sekarang setiap pengunjung laut dan alam lainnya harus menjaga laut dan semua habitat di dalamnya agar mahkluk yang ada di sana nyaman hidupnya,” komentarnya. (ros)