Libur Lebaran, Objek Wisata Dipadati Pengunjung

Mataram (Suara NTB)

Saat libur lebaran, sejumlah objek wisata di Pulau Lombok dipadati pengunjung. Tidak saja objek wisata pantai, air terjun dan destinasi wisata religi diserbu masyarakat.

Salah satu objek wisata yang dipadati wisatawan adalah Air Terjun Benang Stokel dan Terjun Benang Kelambu, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kamis (7/7). Ratusan pengunjung berdatangan di kawasan wisata itu.  Mereka rela berdesak – desakan ketika melintasi anak tangga yang lebarnya kurang lebih satu meter.

Muhammad Ali (24) salah seorang pengunjung jauh – jauh datang dari Mataram menjadikan objek wisata Benang Kelambu sebagai pilihan untuk berwisata karena memiliki pesona dan daya tarik tersendiri. Di banding dengan destinasi wisata air terjun lainnya, Benang Kelambu dinilainya lebih indah karena struktur pancuran airnya.

‘’Benang Kelambu menurut saya benar – benar keren, pancuran airnya unik. Benar – benar seperti tirai,’’ puji Ali.

Selain Air Terjun Benang Kelambu dan Benang Stokel yang dipadati wisatawan  terutama wisatawan lokal, beberapa objek wisata lain pada hari ke dua Lebaran ini juga memiliki suasana yang sama. Sejumlah objek wisata di Mataram maupun Lombok Barat juga dipadati pengunjung dari kalangan wisatawan lokal. Para wisatawan melakukan safari sambil berziarah ke objek – objek wisata religi.

‘’Setiap tahun memang sudah rutin kita berkunjung ke sini. Kita berkunjung ke makam – makam, terutama Loang Balok dan Makam Batulayar. Setelah itu baru ke pantai,” kata Misnah, asal Lombok Timur  yang berziarah di Makam Batulayar.

Rute tour wisata religi yang biasa dilakukan penduduk lokal di Pulau Lombok ini biasanya dimulai dari Makam Ketak di Kabupaten Lombok Tengah. Sehabis itu, masyarakat biasanya melanjutkan perjalanan ke sejumlah makam kuno dan bersejarah di Kabupaten Lombok Timur, utamanya Makam Selaparang dan Makam Sakra. Sementara di kawasan Mataram dan Lombok Barat, wisatawan lokal yang melakukan wisata biasanya berziarah ke Makam Loang Balok dan Makam Batulayar. (met)