Serunya Reuni Lintas Angkatan SMAN 1 Kempo

Dompu (Suara NTB) – Libur lebaran Idul Fitri menjadi momen para perantau pulang kampung untuk liburan bersama keluarga dan sahabat. Momen ini juga dimanfaatkan para alumni SMAN 1 Kempo untuk bersilaturrahmi lintas alumni di sekolah tempat mereka mengenyam pendidikan tempo dulu.

Berseragam putih abu, apel upacara bendera, absen oleh guru favorit di kelas, penghijauan di sekolah hingga lomba antar angkatan diadakan untuk mengenang masa – masa sekolah di bangku SMA dulu. Suasana reuni anak – anak SMAN 1 Kempo yang terlihat beda dengan kebanyakan reuni sekolah ini dilangsungkan di SMAN 1 Kempo, Kamis, 29 Juni 2017 kemarin. Acara ini reuni lintas angkatan ini diikuti oleh 12 angkatan lulusan SMA tahun 1994, 1995, 1996, 1997, 1998, 2001, 2003, 2004, 2009, 2014, dan angkatan lulusan tahun 2015.

Baca juga:  Penjemput Siswa Dilarang Parkir di Depan Sekolah

Qodrat, alumni angkata tahun 1996 kepada Suara NTB, mengungkapkan, gagasan menyelenggarakan reuni lintas angkatan dengan pakaian seragam SMA ini berawal dari diskusi di group angkatan. Ada harapan dari teman – teman, mengenang masa sekolah dengan suasana berbeda di sekolah. Selain untuk bersilaturrahmi, pertemuan ini juga menjadi ajang motivasi satu sama lain.

“Kalau reuni di luar sekolah dengan pakaian bebas sepertinya sudah sering dilakukan selama ini. Makanya kita adakan reuni lintas angkatan di sekolah dan mengenakan seragam putih abu, bagian dari mengenang masa lalu dan saling memotivasi,” katanya.

Karena ingin mengenang masa sekolah, lanjut Qodrat, pihaknya mendesain agar suasana sekolah terasa. Sehingga apel bendera seperti halnya anak sekolahan dilakukan dengan menaikan bendera merah putih dan pengarahan dari Kepala SMAN 1 Kempo. Usai upacara bendera, masing – masing angkatan melakukan penanaman pohon palem yang ditanam pot besar dan masuk ke ruang kelas untuk dilakukan absensi seperti halnya anak sekolahan.

Baca juga:  Penjemput Siswa Dilarang Parkir di Depan Sekolah

“Kita juga menyumbangkan beberapa bingkisan kepada sekolah untuk fasilitas umum seperti karpet shalat dan lainnya. Untuk kegiatan perangkatan, kita siapkan juga bingkisan sebagai hadiah,” ungkapnya.

Kepala SMAN 1 Kempo, Drs. H. Muhdar mengaku, cukup terharu dengan kegiatan reuni lintas angkatan yang diadakan para mantan muridnya tersebut. Apalagi kegiatan ini terkesan mendadak dan susana yang dihadirkan seperti saat sekolahan dulu. (ula/*)