Komunitas Bunda Peduli Anak Lombok Perkenalkan Dunia Robotik

Mataram (suarantb.com) – Puluhan siswa Taman Kanak-kanak (TK) dan SD dari berbagai sekolah di Kota Mataram mengikuti Workshop Robotik yang digelar Komunitas Bunda Peduli Anak Lombok (KBun PALm), Sabtu, 13 Agustus 2016.

Ketua Komunitas Bunda Peduli Anak Lombok (Kbun PALm), Serlly Djuwita mengutarakan kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan perkembangan motorik pada anak. Dengan banyak bergerak, tingkat perkembangan motorik anak akan menjadi semakin maksimal.

Menurutnya dunia robotik penting diperkenalkan mengingat dunia ini sangat menarik bagi anak-anak. Memainkannya pun tidak hanya  sekedar hobi,  namun terkadang sudah menjadi tujuan setiap anak sehingga senantiasa digandrungi.

“Memang saraf motorik anak perlu dirangsang.

Sehingga melatih anak untuk aktif dan mandiri,” terang Serlly Djuwita.

Dalam kegiatan tersebut, anak-anak tidak saja memperoleh materi secara teoritis. Melainkan juga secara aplikatif, mereka langsung praktik. Robot yang dipraktikkan merupakan robot yang sangat sederhana. Dirakit dengan menggunakan bahan lego untuk mempermudah anak.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Workshop Robotik ini anak-anak dapat memperoleh pengetahuan dasar soal robotik. Selain itu, dengan pengenalan robotik sejak dini anak-anak disadarkan untuk mandiri.

Jika selama ini mereka hanya mampu membeli mainan robot. Maka dengan kegiatan ini mereka bisa berpikir bahwa mainan tersebut bisa dibuat sendiri, dan tidak serumit yang dipikirkan. (ism)