Komunitas IBRA Ajak Warga Peduli Sungai

Mataram (suarantb.com) – Bagaimana membangun kepedulian warga Kelurahan Banjar, Ampenan terhadap sungai menjadi dorongan awal terbentuknya komunitas Ini Baru Banjar (IBRA). IBRA dibentuk pada November 2013 oleh tiga orang yaitu Muhasim, Baiq Indraningsih, dan Jamaludin. Saat ini IBRA mempunyai 15 anggota aktif.

Muhasim menyampaikan berbagai kegiatan telah dilakukan IBRA dalam rangka menunjukkan kepedulian mereka terhadap lingkungan sekitarnya. Salah satunya Banjar Beres-Beres yang bergerak dalam mengampanyekan kebersihan sungai. Komunitas ini juga kerap mengadakan lomba yang temanya tak jauh dari sungai dan lingkungan. Beberapa lomba yang pernah diadakan yaitu lomba mural di tembok sepanjang Sungai Jangkok bertemakan “Jangkok Clean Up”, lomba melukis tong sampah, lomba dayung sampan sambil membersihkan sampah, dan lainnya.

Selain perlombaan, edukasi masyarakat juga dilakukan dengan memberikan pelatihan bagi warga sekitar. Beberapa pelatihan yang pernah dilaksanakan antara lain, pelatihan daur ulang sampah bagi siswa SD, sosialisasi kepada pedagang Pasar ACC Ampenan agar tidak membuang sampah ke sungai, sosialisasi kebersihan sungai bagi pengunjung Taman Tematik Jangkok, dan sebagainya.

Markas komunitas IBRA sendiri telah disulap menjadi rumah pintar bagi warga dengan tujuan sebagai pusat informasi bagi masyarakat. Di sana terdapat fasilitas perpustakaan dan internet yang bisa dimanfaatkan oleh warga. Selain itu, siswa SD di Banjar yang ingin belajar bahasa Inggris bisa mengikuti kursus yang diadakan setiap dua pekan di markas IBRA.

“Kita disini juga ada rumah pintar atau Lumbung Informasi Bagi Warga (LIBRA), tujuannya sebagai pusat informasi bagi warga. Disini ada perpustakaan dan internet sehat. Selain itu, ada pemutaran film atau layar tancap tentang lingkungan hidup. Setiap dua minggu sekali kita juga ada kursus bahasa Inggris gratis buat siswa SD di LIBRA ini,” terang Muhasim.

Atas kontribusinya terhadap masyarakat tersebut, IBRA pernah menyabet gelar Juara I Komunitas Peduli Sungai Tingkat NTB,  Juara II Komunitas Peduli Sungai Tingkat Nasional 2015, dan salah satu pendirinya Baiq Indraningsih masuk sebagai nominator Tupperware She Can 2015.

Tertarik bergabung menjadi agen peduli sungai? Silahkan datang langsung ke markas IBRA di Jalan Ragi Genep Gang Dahlia Nomor 21 Ampenan. Atau kunjungi blognya di www.komunitasibra.blogspot.com. (ros)