Empat Seniman Polandia Berbagi Ilmu dengan Komunitas Seni NTB

WORKSHOP-Seniman Polandia berbagi ilmu dengan komunitas seni di daerah ini bertempat di Sekretariat Komunitas Pasir Putih Lombok Utara. (suarantb.com/ast)

Tanjung (suarantb.com) – Empat orang seniman asal Polandia berbagi ilmu dengan komunitas-komunitas seni yang ada di NTB. Mereka menjadi pembicara dalam  workshop dengan tema “nyeni” bertempat di Sekretariat  Komunitas Pasir  Putih Lombok Utara.

Keempat seniman asal Polandia itu adalah Alicia Rogalska, Iza Rutkowka, Kris Lukomski dan Maciej Siuda. Materi yang disampaikan terkait dengan fotografi, instalasi publik, teater dan ruang. Kegiatan tersebut diikuti peserta dari berbagai disiplin ilmu.

Perwakilan Komunitas Pasir Putih, M. Sibawaihi mengatakan kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, 7-9 Juli 2016. Menurut Sibawaihi,  kegiatan tersebut dilaksanakan dengan harapan menjadi ruang belajar bersama bagi komunitas seni di NTB.

Ia juga berpesan, agar peserta workshop serius mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya,  ilmu yang akan dibagi oleh keempat  pemateri merupakan ilmu yang tidak didapatkan di NTB. Hal itu, menurut Sibawaihi karena NTB tidak memiliki institut seni.

Sementara itu, Direktur Komunitas Pasir Putih, M. Ghazali mengatakan, kegiatan workshop seperti ini  harus lebih sering dilaksanakan di NTB.  Mengingat, di NTB tidak ada sekolah seni. Sehingga  peran tersebut harus diambil oleh komunutas-komunitas khususnya yang bergerak di bidang seni dan budaya.

“Kita kan tidak punya kampus seni, makanya kita yang harus mengadakan kegiatan seperti ini,” kata Ghazali.

Selain menjadi pemateri, keempat seniman Polandia itu  juga berpartisipasi dalam pawai takbiran yang diadakan oleh Remaja Masjid Kecamatan  Pemenang. (ast)