Virus Corona Mengancam, Begini Nasib Mahasiswa NTB di Wuhan

Ilustrasi pemeriksaan cegah penyebaran virus corona. (ant/bali post)

Mataram (Suara NTB) – Merebaknya ancaman virus corona di Kota Wuhan, China memunculkan kekhawatiran banyak pihak. Apalagi, ada mahasiswa NTB yang kini tengah berada di Wuhan. Bagaimana kondisi mereka?

Menjawab pertanyaan ini, Ketua Divisi Kerjasama LPP NTB Imanuella Andilolo, M.Sc mengatakan, sejauh ini Pemerintah China memang belum membuka akses ke Kota Wuhan. Kota yang menjadi asal muasal menyebarnya virus corona tersebut, hingga kini masih diisolasi demi mencegah penyebaran virus berbahaya tersebut.

Imanuella pun menegaskan, pihaknya tetap berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mendapatkan informasi terbaru terkait kondisi mahasiswa asal NTB yang belajar di sana. “Kalau ada perkembangan kami di LPP akan segera dihubungi dan kami akan selalu monitor,” kata Imanuella Andilolo, dalam rilis yang diterima Suara NTB, Minggu, 26 Januari 2020.

Baca juga:  Warga Loteng Terjebak di Wuhan China, Persediaan Makanan Menipis dan Akses Internet Dibatasi

Untuk diketahui, ada empat penerima beasiswa NTB yang belajar di Kota Wuhan. Dua dari empat mahasiswa NTB itu sudah berada di Indonesia. Sementara, dua lainnya masih berada di Wuhan.

Baca juga:  Pulang dari China, Tiga Mahasiswa Jalani Pemeriksaan

Kebetulan, dua mahasiswa NTB yang sudah berada di Indonesia tersebut, sedang berada di luar Wuhan, sebelum kota tersebut ditutup aksesnya oleh pemerintah China. “Mereka kebetulan sudah keluar dari Wuhan sebelum akses ditutup untuk berlibur karena sekarang sedang liburan Tahun Baru China” terangnya.

Imanuella menegaskan, dua mahasiswa NTB yang masih bertahan di Wuhan, saat ini dalam kondisi yang baik. Keduanya tinggal di asrama kampus. Untuk kebutuhan sehari-hari, mereka juga mendapatkan fasilitasi dari pihak kampus. Mereka juga bisa mendapatkan makanan dari kantin kampus yang sengaja dibuka, meski saat ini kampus tengah libur.

Baca juga:  Virus Corona Gagalkan Zohri dan Sapwaturrahman Bertanding di China

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB Najamuddin Amy S.Sos MM menegaskan, Pemprov NTB saat ini terus memantau perkembangan kondisi awardee NTB di Kota Wuhan. Yang pasti, dua penerima Beasiswa NTB yang masih tinggal di sana dalam kondisi aman dan sehat. “LPP NTB juga proaktif memantau kondisi mereka,” terangnya. (r/aan)