BPOM dan TP PKK Provinsi NTB Bersinergi untuk Menjaga Keamanan Pangan Keluarga

foto bersama narasumber dan peserta

Mataram (Suara NTB) – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Mataram menggelar acara Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) terkait Keamanan, Mutu serta Gizi Pangan bersama dengan Tim Penggerak PKK Provinsi NTB. Kegiatan berlangsung di Gedung PKK NTB, Selasa, 10 Desember 2019.

Kepala BBPOM di Mataram  Dra. Ni GAN Suarningsih.,Apt.MH  menyampaikan laporan kegiatan

Kepala BBPOM di Mataram Dra. Ni GAN Suarningsih.,Apt.MH dalam laporan penyelenggaraan mengatakan, ada sejumlah kegiatan yang sudah dilakukan dalam rangka meningkatkan keamanan pangan untuk masyarakat di NTB. Beberapa kegiatan diantaranya Program Desa Pangan Aman, Pasar Bebas dari Bahan Berbahaya, Intervensi Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah serta intensifikasi pengawasan pangan pada hari besar keagamaan. Tim penggerak PKK adalah mitra strategis BBPOM di Mataram untuk dapat meneruskan/ melaksanakan KIE terkait obat dan makanan sampai ke tingkat keluarga maupun individu karena PKK memiliki kader dari sampai ke tingkat Desa. Oleh karena itu tujuan dari Penyuluhan kepada PKK adalah untuk meningkatkan kemampuan kader PKK untuk memberikan sosialisasi tentang keamanan pangan pada seluruh masyarakat NTB.

Kepala dinas kesehatan Provinsi NTB menyampaikan materi tentang “mengenal dan mencegah stunting dengan pangan yg aman dan bergizi”

Dalam sambutannya Ketua TP. PKK Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE, M.Sc saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, sebagai penggerak PKK, peran PKK adalah memotivasi orang tua atau keluarga agar membuat sendiri jajanan atau kudapan bagi anak-anak. Selain itu, tugas lain PKK adalah memotivasi orang tua dan keluarga melaksanakan PAAR (Pola Asuh Anak dan Remaja) dalam pemberian makanan yang aman dan bergizi.

Ibu Ketua TP PKK NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE, M.Sc dan Kepala BBPOM di Mataram  Dra. Ni GAN Suarningsih.,Apt.MH  saat pembukaan acara

Bagi Niken, kunci percepatan peningkatan keamanan pangan keluarga adalah dengan memanfaatkan potensi yang ada dengan memanfaatkan peran yang dimiliki. Tak hanya itu, bermitra dengan OPD terkait dan memberdayakan kader-kader PKK menjadi salah satu kunci percepatan peningkatan keamanan pangan keluarga.“Saya yakin ibu-ibu sudah mendapat informasi yang banyak dan dapat memotivasi kita semua serta menjamin keamanan pangan, kesehatan kita semua dan keluarga di rumah,” ungkap Niken.

Selain Ibu Niken Zulkieflimansyah sebagai Keynote Speaker, pada penyuluhan kepada kader PKK ini juga ada dua Narasumber lainnya yaitu Kepala BBPOM di Mataram menyampaikan materi Keamanan Mutu dan Gizi Pangan dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB menyampaikan materi Mengenal dan Mencegah Stunting dengan Pangan yang Aman, Bermutu dan Bergizi . (ris/*)