Sebaran Dokter Spesialis Hanya Terkonsentrasi di Kota Mataram

Nurhandini Eka Dewi (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Sebaran dokter spesialis di NTB tidak merata. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dikes) NTB, jumlah dokter spesialis paling banyak di Kota Mataram. Dari total 548 dokter spesialis di NTB, sebanyak 357 orang berada di Kota Mataram.

Kepala Dikes NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A, MPH di Mataram, pekan kemarin menyebutkan, jumlah dokter spesialis di 10 kabupaten/kota sebanyak 548 orang. Terdiri dari PNS 224 orang dan non PNS 324 orang.

Jumlah dokter spesialis terbanyak berada di Kota Mataram sebanyak 357 orang. Terdiri dari dokter spesialis yang berstatus PNS 118 orang dan non PNS 239 orang. Sedangkan jumlah dokter spesialis paling sedikit di NTB berada di Sumbawa Barat, hanya 4 orang. Semuanya merupakan dokter spesialis berstatus PNS.

Daerah kedua yang paling banyak dokter spesialisnya adalah Lombok Timur sebanyak 56 orang. Terdiri dari dokter spesialis berstatus PNS 22 orang dan non PNS 34 orang. Kemudian Lombok Tengah, sebanyak 40 orang dokter spesialis. Terdiri dari dokter spesialis berstatus PNS 20 orang dan non PNS juga 20 orang.

Baca juga:  Dompu Butuh Tambahan Dokter Spesialis

Di Kabupaten Sumbawa, jumlah dokter spesialis sebanyak 28 orang. Terdiri dari dokter spesialis berstatus PNS 16 orang dan non PNS 12 orang. Kemudian di Lombok Barat sebanyak 20 dokter spesialis. Terdiri dari dokter spesialis berstatus PNS 16 orang dan non PNS 4 orang.

Kota Bima sebanyak 13 dokter spesialis. Yang berstatus PNS 8 orang dan non PNS 5 orang. Dompu hanya ada 11 dokter spesialis. Terdiri dari dokter spesialis berstatus PNS 6 orang dan non PNS 5 orang. Selanjutnya, Bima sebanyak 10 dokter spesialis, yang berstatus PNS 9 orang dan non PNS 1 orang. Dan Lombok Utara sebanyak 9 dokter spesialis, yang berstatus PNS 5 orang dan non PNS 4 orang.

Dalam rekrutmen CPNS 2019, Pemprov NTB membuka lowongan puluhan formasi dokter spesialis. Namun, sampai penutupan pendaftaran,  Kamis (28/11) Pukul 00.00 Wita, 19 formasi dokter spesialis tidak ada pelamarnya.

Baca juga:  Perbaikan Kesehatan Jadi Elemen Prioritas NTB Gemilang

19 formasi dokter spesialis tidak ada pelamar, antara lain formasi dokter spesialis anak RSJ Mutiara Sukma dan RSMA, dokter spesialis anestesi RS Mata NTB, dokter spesialis bedah RSMA, dokter spesialis bedah syaraf RSMA. Kemudian, dokter spesialis jantung RSMA, dokter spesialis kandungan RSMA, dokter spesialis kulit dan kelamin RSMA, dokter spesialis mata RS Mata NTB, dokter spesialis paru RSMA, dokter spesialis patologi anatomi RSMA, dokter spesialis penakit dalam RSJ Mutiara Sukma.

Selanjutnya, dokter spesialis radiologi RSMA, dokter spesialis rehabilitasi medik RSJ Mutiara Sukma, dokter spesialis syaraf RSJ Mutiara Sukma dan RSMA, dokter spesialis THT RSMA dan dokter spesialis urologi RSMA. Selain formasi dokter spesialis, ada juga formasi tenaga kesehatan yang masih tidak ada pelamar. Seperti formasi dokter gigi di RSMA dam  psikolog klinis di RSMA. (nas)