Pasien Jadi Lebih Mudah Berkat P-Care BPJS Kesehatan

Mia Nuning Damayanti

Selong (suarantb.com) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan semakin mempermudah alur pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN–KIS) dengan menerapkan aplikasi berbasis internet. Adanya aplikasi Primary Care (P-care) di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) memberikan kemudahan dalam proses pelayanan pasien.

“Semenjak aplikasi P-care diterapkan di Puskesmas, administrasi pelayanan pasien menjadi benar – benar praktis. Input data pasien, pelayanan laboratorium, hingga rujuk konseling pun dapat dilakukan dengan mudah,” ungkap Mia Nuning Damayanti (25), salah satu petugas medis di Puskesmas Aikmel yang ditemui tim Jamkesnews pada Selasa, 19 Juni 2019 sore.

Sejak diperkenalkan di seluruh FKTP se-Indonesia awal tahun 2014, aplikasi sistem informasi pelayanan pasien ini telah mengalami beberapa perkembangan serta perbaikan untuk menyempurnakan fungsi dan kegunaannya hingga menjadi sistem yang semakin baik.

“Yang paling saya rasakan manfaatnya itu ketika merujuk pasien. Pada aplikasi ini, data pasien yang dimasukkan sudah terintegrasi, jadi bisa lebih mudah untuk menentukan rumah sakit yang akan menjadi tempat rujukan. Itu pun sudah disesuaikan dengan jadwal dokter spesialis yang tersedia sehingga pasien yang akan di rujuk tidak harus repot mengurus sana – sini,” jelasnya.

Wanita yang menjadi peserta JKN – KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) ini menambahkan bahwa setiap penanggung jawab aplikasi P-care di Puskemas harus selalu memasukkan data di aplikasisecara real time agar data – data pasien lebih cepat diperbaharui sehingga pelayanan yang diberikan menjadi lebih optimal.

“Saya rasa setiap petugas pemberi pelayanan harus disiplin dalam melakukan entry data. Harus ikuti prosedur dan tata caranya, agar tidak ada kendala atau masalah nantinya. Kalau ada masalah pastinya akan berdampak pada kualitas pelayanan yang kita berikan ke peserta JKN-KIS juga kan,” ungkapnya.

Ia juga mengakui, program JKN – KIS semakin hari semakin memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi petugas kesehatan di FKTP, khususnya di Puskesmas. Dengan adanya rujukan online, setiap petugas medis dapat memberikan informasi kepada peserta apabila rumah sakit tujuannya tidak bisa dijadikan rujukan karena kemungkinan penuh oleh antrian pasien lainnya. Data rumah sakitnya pun terbilang lengkap sehingga proses rujukannya dapat lebih terukur dan dan tepat sasaran. (r/*)