Ade Rai : Saya Pilih Sehat dan Terlindungi dengan JKN-KIS

I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai

Praya (suarantb.com) – Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Regional NTB Praya tampak dipenuhi ratusan orang sejak Rabu,  3 Juli 2019.  Rupanya ada perhelatan yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Selong yang turut menghadirkan Brand Ambassador BPJS Kesehatan tahun 2019, Ade Rai.

Kegiatan yang bertajuk sosialisasi program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS) itu bertujuan mengajak masyarakat untuk menjadi lebih sehat dan turut menjadi peserta JKN – KIS.

Made Sukmayanti, selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Selong menuturkan dalam sambutannya, “Program JKN – KIS memiliki prinsip gotong royong yang sifatnya wajib. Artinya program ini harus diikuti oleh setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali demi memproteksi diri ketika sakit. Apabila nantinya kesehatan itu telah terjaga, maka kita sebagai peserta yang sehat telah berkontribusi membantu peserta lain yang sedang sakit untuk meringankan beban pengobatan mereka,“ ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Lombok Tengah H. Lalu Pathul Bahri yang berkesempatan hadir dan membuka acara sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia mendukung penuh program unggulan pemerintah yaitu JKN–KIS. Menurutnya, ketika masyarakat terdaftar dalam kepesertaan maka ia telah siap untuk menghadapi dirinya ketika sakit. Ia pun menambahkan bahwa peserta yang sehat akan menjadi pribadi yang lebih produktif untuk membangun bangsa yang berkualitas.

“Pribadi yang sehat pasti akan menghasilkan hal yang positif. Oleh karena itu, untuk melindungi diri dari sakit, kita harus sadar akan pentingnya menjadi bagian  program JKN – KIS dengan menghidupkan budaya gotong royong yang menjadi prinsip BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Pada puncak acara, Ade Rai memaparkan beberapa informasi terkait pola hidup yang sehat.

“Untuk menjaga hidup sehat harus dibarengi dengan pola makan yang sehat pula. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula dan lemak. Kita harus perhatikan apa saja kandungan zat – zat gizi yang masuk ke dalam tubuh. Jangan sampai lemak, karbohidrat, dan gula yang kita konsumsi jadi menumpuk dalam tubuh dan berubah menjadi racun. Apalagi ketika kita  malas berolahraga, penyakit kronis tidak akan segan – segan menggerogoti kita akibat pola hidup yang tidak sehat,” tuturnya.

“Oleh karena itu, kita sepatutnya berterimakasih kepada pemerintah karena telah memberikan perlindungan menyeluruh bagi masyarakat dalam bentuk program JKN – KIS. Tidak hanya menjadi sehat dan terlindungi, dengan menjadi peserta JKN – KIS kita telah membantu peserta JKN-KIS lain untuk berobat dan sembuh dari penyakit mereka. Oleh karena itu sangat penting menjaga kesehatan dan jangan lupa sebagai proteksi jaminan kesehatannya kita juga harus mendaftar sebagai peserta JKN-KIS. Jangan tunggu sakit. Justru selagi sehat kita harus segera mendaftar JKN-KIS karena sakit bisa datang kapan saja. Saya pilih sehat dan terlindungi dengan JKN-KIS. Kamu ?,” tutup Ade Rai tersenyum (r/*)