Surur : Alarm Pengingat Kewajiban Iuran JKN-KIS

Surur (36)

Selong (suarantb.com) – BPJS Kesehatan Cabang Selong tampak berkeliling menemui para pedagang kaki lima dan petugas parkir yang ada di sekitaran Kota Selong. Rupanya mereka sedang diberikan edukasi berupa kaos berlogo ‘bayar iuran sebelum tanggal 10 setiap bulan guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk taat membayar iuran Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS),  Rabu,  24 Juli 2019.

Kaos ini merupakan sarana untuk mengkampanyekan kewajiban Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) untuk membayar iuran tepat waktu. Kaos ini pun khusus diperuntukkan kepada para pedagang yang memang setiap hari akan bertemu dengan banyak orang ketika menjajakan dagangannya.

“Diharapkan ini bisa menjadi penanda atau ‘alarm’ untuk mengingatkan setiap peserta mandiri agar tidak lupa kewajibannya. Dengan begini, semoga masyarakat sebagai peserta PBPU memiliki kesadaran tinggi untuk bergotong royong membayar iuran,” ungkap Siti Khairina (25), staf Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Selong yang turun langsung untuk membagikan kaos sore itu.

Seperti yang sudah diketahui, iuran peserta merupakan salah satu komponen penting yang menjadi ujung tombak keberlangsungan Program JKN – KIS. Apabila terjadi penumpukan tunggakan

iuran dari peserta PBPU, maka hal itu otomatis akan menjadi hambatan sekaligus tantangan yang harus segera diatasi oleh BPJS Kesehatan.

Oleh karena itu, untuk menggalakkannya, BPJS Kesehatan terus berusaha menciptakan beberapa inovasi yang secara langsung dapat digunakan oleh setiap masyarakat melalui kaos pengingat iuran ini.

Surur (36), petugas parkir di salah satu toko sekitar Selong yang merupakan orang pertama yang ditemui oleh tim Jamkesnews untuk menerima kaos. Ia mengungkapan bahwa ia senang telah mendapat ‘kaos pengingat iuran’. Ia pun sependapat dengan cara yang digunakan BPJS Kesehatan untuk mengingatkan pesertanya untuk memenuhi kewajibannya.

“Saya senang bisa membantu program JKN – KIS. Walaupun mungkin tidak mampu membantu orang lain dengan ikut bayar iuran, setidaknya saya bisa jadi pengingat peserta yang lainnya untuk segera bayar iuran tepat waktu dengan pakai kaos ini,” ungkap laki – laki yang kebetulan merupakan salah satu Peserta JKN – KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Adapun dengan adanya kaos pengingat iuran ini, diharapkan juga dapat menghimbau masyarakat yang belum menjadi peserta JKN – KIS untuk segera mendaftar dan ikut bergotong – royong membantu menyukseskan program strategis nasional ini.(r/*)