Yuni : Orang Sehat Pun Bisa Rasakan Manfaat JKN-KIS

Selong (suarantb.com) – Manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS) telah dirasakan oleh hampir 220 juta penduduk Indonesia. Pemerintah pun telah memastikan bahwa program ini dapat memberikan pelayanan kesehatan secara komprehensif mencakup preventif, promotif, kuratif hingga rehabilitatif.

Kepesertaan dari berbagai macam segmen akan selalu menerima pelayanan yang adil dan merata, tanpa membeda – bedakan status peserta. Hal inilah yang dirasakan oleh Yuniarti (25), seorang karyawan swasta di salah satu dealer penjualan motor di daerah Selong. Ia bercerita tentang pengalamannya selama menerima pelayanan di sebuah rumah sakit kepada Tim Jamkesnews,  8 Agustus 2019 lalu.

“Ibu saya pernah koma akibat perdarahan di otak. Kalau bukan karena pelayanan di rumah sakit yang cepat dan tanggap, saya tidak bisa membayangkan hal buruk apa yang akan terjadi,” cerita gadis yang akrab dipanggil Yuni ini.

Karena kondisi ibunya yang tiba – tiba pingsan ia lantas membawa sang ibu menuju Unit Gawat Darurat (UGD) di sebuah rumah sakit terdekat. Hanya dalam hitungan jam, ibunya pun segera dirujuk ke rumah sakit provinsi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

“Mungkin karena saat itu kondisinya genting sekali, jadi kami tidak sempat bawa KIS dan berkas apa pun untuk mendaftar administrasi. Tapi, saya ingat kalau ada KIS digital di aplikasi Mobile JKN. Langsung saja kami daftar pakai itu, prosesnya Alhamdulillah lancar dan pelayanannya memuaskan,” lanjut Yuni.

Kejadian itu memang sudah terjadi beberapa tahun lalu, namun masih segar di ingatan Yuni bahwa ternyata sangat penting bagi siapa pun untuk memiliki perlindungan kesehatan. Tidak hanya berbicara tentang kondisi sakit, jaminan kesehatan akan membuat setiap orang selalu dalam keadaan sehat.

“Jadi, kalau punya JKN – KIS itu, jangan berpikir ketika sakit baru merasakan manfaatnya. Duh, siapa sih yang mau sakit? Mindset seperti itu harus diganti. Selalu sehat dan harus punya perlindungan kesehatan. Siapa tau, orang terdekat kita yang akan dapat manfaatnya,” ujarnya.

Berkaca dari pengalaman itu, Yuni pun merasa lega ketika mengetahui dirinya telah didaftarkan sebagai peserta JKN – KIS oleh perusahaan tempatnya bekerja. Beruntung sekali, karena perusahaannya selalu memenuhi hak – hak karyawan, salah satunya adalah untuk mendapatkan jaminan kesehatan.

“Semakin tenang dan nyaman karena sudah punya JKN – KIS. Mungkin secara tidak sadar, kita sudah merasakan manfaatnya. Beramal sehat dan gotong royong saling bantu sesama. Semoga nantinya semakin banyak orang yang akan ikut bergabung pada program yang menyehatkan masyarakat ini,” tutupnya. (r/*)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.