Beres Dalam Lima Menit, Sumarni Puas dengan Layanan JKN-KIS

Sumarni

Selong (suarantb.com) – Ketika mengunjungi kantor BPJS Kesehatan,  Sumarni (37) membayangkan dia akan berdesakan dengan orang – orang yang mengantri. Ia pun awalnya harus berpikir dua kali untuk mengunjungi kantor cabang selong demi mendaftarkan diri dan keluarganya menjadi peserta JKN – KIS. Namun hal itu berbanding terbalik dengan hal yang dia rasakan ketika datang pertama kali.

“Ternyata tidak seperti yang saya pikirkan. Walaupun tetap mengantri, tapi caranya tertib. petugas di loket antrian membantu saya menyiapkan berkas – berkas pendaftarannya,” kata Sumarni yang ditemani kakaknya saat diwawancarai tim Jamkesnews Rabu pagi,  14 Agustus 2019.

Ia mengungkapkan bahwa memang sudah lama ingin memiliki kartu JKN – KIS. Kebetulan beberapa waktu lalu ia sempat bertemu dengan salah satu kader JKN yang bertugas di desa Rensing, tempat tinggalnya. Ia pun memanfaatkan kesempatan itu untuk bertanya seputar jaminan kesehatan milik pemerintah tersebut.

“Saya langsung tanya berkas-berkas apa saja yang harus saya persiapkan. Terutama jumlah iurannya. Maklum, saya dan suami hanya buruh lepas. Jadi saya putuskan daftar JKN – KIS dengan pelayanan di kelas 3 saja, yang penting kami punya jaminan kesehatan,” ungkapnya.

Selepas menerima nomor antrian, Sumarni lantas menuju loket fast track ketika nomor antriannya dipanggil. Kurang lebih 5 menit lamanya, ia telah selesai dilayani oleh petugas loket. Sembari diberikan penjelasan lebih lanjut mengenai kepesertaan JKN – KIS miliknya dan keluarganya.

“Saya merasa beruntung datang ke sini. Walaupun harus menempuh jarak lumayan jauh dari rumah. Saya bisa lebih leluasa untuk bebas bertanya tentang JKN – KIS. Infonya lebih jelas dan pastinya terpercaya,” tutur ibu 3 orang anak ini.

Selama di loket layanan, ia pun telah diberikan informasi mengenai kemudahan mendaftar JKN – KIS hanya melalui smartphone. Adapun dengan aplikasi Mobile JKN, ia dapat mengubah informasi yang dibutuhkan, terutama ketika ingin merubah fasilitas kesehatan yang diinginkan.

“Pelayanan di sini baik dan memuaskan. Petugasnya ramah dan sangat membantu. Jadi, siapa yang bilang ke kantor BPJS harus ribet dan lama mengantri. Saya pun baru tahu ada banyak kemudahan yang diberikan oleh JKN – KIS,” ujar Masruni.

Ia berharap kepada masyarakat agar stigma negatif mengenai program JKN – KIS tidak dterima langsung masyarakat itu sendiri. Lebih baik memanfaatkan pusat pelayanan informasi yang tersedia. Seperti Kader JKN, aplikasi Mobile JKN, Layanan Mobile Cuctomer Service dan tentunya kantor cabang terdekat sebagai sarana untuk memperoleh informasi yang akurat.(r/*)