Patelki, Satu Kata Sejuta Aksi Mendukung Germas

Foto bersama pengurus baru DPW Patelki NTB bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan undangan lainnya.(Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Dalam rangka meningkatkan peran Patelki (Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia) yang merupakan Organisasi Profesi Tenaga Laboratorium Medik untuk mensukseskan program Germas yang telah di launching oleh Kementerian Kesehatan RI, Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Ahli Tekhnologi Laboratorium Medik Indonesia (DPW Patelki) NTB mengadakan Musyawarah Wilayah Ke VI yang dirangkai dengan Seminar Ilmiah dengan tema “Peran Patelki Dalam Mensukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)”

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau Germas ada 3 pokok kegiatan yaitu Cek Kesehatan, Aktifitas Fisik dan Konsumsi Buah dan Sayur. Rangkaian kegiatan dilaksanakan tanggal 16,17 dan 18 Agustus 2019 di Hotel Aruna Senggigi. Kegiatan diawali dengan Musyawarah Wilayah Patelki yang ke-VI pada tanggal 16 dan 17 Agustus 2019 dengan agenda kegiatan pemilihan Ketua DPW Patelki NTB periode 2019-2023.

Puncak kegiatan tanggal 18 Agustus 2019 yaitu seminar ilmiah dengan materi Pemeriksaan Laboratorium Untuk Penyakit Tidak Menular, Kebijkan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan Peran ATLM Dalam Mendukung

Pencegahan dan Pengedalian Penyakit Tidak Menular.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Cabang PATELKI Lombok Barat yang diikuti oleh sekitar 500an tenaga laboratorium medik (TLM) dari seluruh NTB dan Mahasiswa Teknologi Laboratorium Medik serta hadir juga Ketua Umum DPP Patelki, N.S Widodo, S.Pd,M.Kes

Muswil merupakan kegiatan pemegang kekuasaan tertinggi organisasi di tingkat wilayah yang menilai pertanggung jawaban, menyusun program kerja dan membentuk pengurus yang baru. Dalam Muswil ini telah terpilih Ketua Patelki DPW NTB yang baru yaitu Haerozi A.Md.AK untuk melaksanakan program kerja yang telah disusun dan melanjutkan kepemimpinan Ketua DPW Patelki yang sebelumnya dijabat oleh I Made Kartika, S.Si.

Acara pelantikan dan seminar ilmiah yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2019 dihadiri dan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan NTB. Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan NTB berpesan agar Ahli Teknologi Laboratorium Medik terus berusaha meningkatkan kompetensi dan pengetahuannya serta bekerja sesuai dengan standar profesi maupun standar kompetensi karena ATLM memegang peranan penting dalam mensukseskan program Germas khususnya pada kegiatan cek kesehatan. (*)