Vlok Foundation Bangun RS “Lombok Hospital” di Lombok Timur

Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi bersama Asisten I Setda Provinsi NTB, Baiq. Eva Nur Cahyaningsih dan Pimpinan Perwakilan Vlok Foundation Holland Provinsi NTB, Siti Nurul Hijah, ST.,MT saat pelatakan batu pertama RS Hospital Hospital

Mataram (suarantb.com) – Vrienden Van Lombok (Vlok Foundation), bekerjasama dengan Dewan Masyarakat Sehat (DMS), Yayasan Lombok Sahabat Bangsa dan Pemkab Lombok Timur membangun rumah sakit “Lombok Hospital” di eks lapangan Desa Apit Aik, Pringgabaya Lombok Timur. Fasilitas, dan sarana prasarana kesehatan ini dihajatkan untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan di kabupaten berpenduduk terpadat di NTB ini.

Peletakan batu pertama RS Lombok Hospital dilakukan Rabu 10 Juli 2019. Langsung oleh Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi dan Pimpinan Perwakilan Vlok Foundation Holland Provinsi NTB, Siti Nurul Hijah, ST.,MT. Hadir Asisten I Setda Provinsi NTB, Baiq. Eva Nur Cahyaningsih, seluruh element Dewan Masyarakat Sehat (DMS) Kabupaten Lombok Timur, jajaran pemerintah daerah hingga kecamatan, dan tingkat desa setempat.

Fisik RS Lombok Hospital dibangun penuh pembangunannya oleh Vlok Foundation. Gedung RS dibangun seluas 612 meter persegi diatas lahan 0,8 hektar, berlantai satu. Pembangunannya dilakukan dua tahap. Pada pertengahan 2020 mendatang dipastikan rampung dibangun.

Wakil Bupati, H. Rumaksi mewakili Pemkab Lombok Timur menyampaikan apresiasinya. Serta bersedia memberikan dukungan penuh atas keberadaan RS Lombok Hospital ini. mengingat fungsinya yang sangat strategis untuk membantu mendekatkan pelayanan kesehatan yang lebih memadai di bagian timur Kabupaten Lombok Timur. dukungan penuh pemerintah daerah yang disampaikan wakil bupati, sejalan dengan konsentrasi kepala daerah setempat terhadap peningkatan kesehatan masyarakat kecil.

Siti Nurul Hijah mewakili menyampaikan pidato Ketua Umum Yayasan Vlok Foundation Holland dari Belanda, Harry Peters. Dikisahkan, pada 2017 lalu, tim DMS datang mengajukan permohonan untuk bekerja sama membantu merealisasikan pembangunan rumah sakit di Lombok Timur dengan lokasi Kerumut Pohgading. Dengan pertimbangan yang mendalam, akhirnya Pemerintah Desa Apitaik dengan restu Bupati menetapkan Lokasi pembangunan RS di Desa Apit Aik Kecamatan Pringgabaya.

“Kami berterima kasih bahwa penetapan lokasi ini merupakan tempat yang sangat strategis dan mudah diakses oleh masyarakat dari berbagai arah,” ujarnya.
Berdasarkan informasi yang diberikan oleh DMS, Vlok Foundation di Belanda telah melakukan diskusi dengan beberapa sponsor utama. Pada akhir tahun 2018, Vlok Foundation telah mendapatkan sponsor. Diantaranya, Wilde Ganzen dan Ben Veh We yang ingin mensupport proyek rumah sakit ini, dengan syarat Vlok Foundation membagi biaya pembangunan tersebut menjadi 2 tahun atau 2 tahap, dengan demikian seluruh support dapat diberikan.

“Untuk beberapa project yang telah kami tangani, kami sukses berkolaborasi dengan Wilde Ganzen Foundation. Mereka memberikan support biaya yang dibutuhkan sehingga kami dapat memulai pembangunan rumah sakit pada bulan Juli 2019,” demikian dikemukan.
Pembangunan rumah sakit ini dapat terlaksana berkat dukungan sponsor-sponsor, Bupati, wakil bupati Lotim beserta staff, tim DMS, Yayasan Lombok Sahabat Bangsa, serta stakeholders lainnya.

Nurul Hijjah menambahkan, upaya meningkatkan tarap kesehatan masyarakat di Lombok Timur yang bukan saja keinginan kuat Pemkab setempat, juga mendukung penuh visi Gubernur Dr. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur, Dr. Hj. Sitti Rohmi DJalillah dibidang kesehatan.

RS ini nantinya akan diserahkan oleh Vlok Foundation untuk dikelola oleh Dewan Masyarakat Lombok Timur. Diharapkan RS ini juga akan diperkuat dengan sharing tambahan dari Pemkab Lombok Timur dan Pemprov NTB untuk melengkapi tenaga perawat, dokter, hingga alat-alat kesehatan yang lebih memadai. (bul)