Diserang Malaria, Sejumlah Korban Gempa Meninggal

Ilustrasi Nyamuk Malaria (Suara NTB/maxpixel)

Giri Menang (Suara NTB) – Korban gempa yang terjangkit malaria di sebagian wilayah Gunungsari Lombok Barat (Lobar) semakin bertambah. Penambahan jumlah penderita malaria ini dipicu hujan yang melanda akhir tahun lalu sampai sekarang. Bahkan akibat penyakit ini dua korban gempa di Desa Mekar Sari Kecamatan Gunungsari meninggal. Dua korban ini berasal dari Dusun Apit Aik. Atas kondisi ini, pihak desa setempat mendesak pemerintah lebih intensif penanganan di lapangan.

Kades Mekar Sari Nasrudin menuturkan, korban gempa yang diserang malaria kian bertambah dari semenjak musim hujan mulai akhir tahun lalu sampai awal tahun ini. Korban gempa di wilayahnya yang terkena malaria mencapai ratusan orang, mereka sudah tertangani, namun belum semua tersentuh.  “Lagi ada penambahan malaria ini. Yang meninggal ada dua orang disebabkan malaria dan panyakit lain. Tapi faktor utamanya malaria,” jelas Nasrudin, Minggu, 6 Januari 2019.

Baca juga:  Bendahara Pokmas Diduga Pakai Dana Gempa untuk Judi

Dijelaskan semenjak musim hujan, malaria semakin meluas menjangkiti warga. Kemungkinan, kata dia, warga

meninggal, karena masih tinggal di tenda-tenda pengungsian yang sudah tak layak. Apalagi tenda pengungsian sudah ditempati selama 5 bulan. Kondisi ini menyebabkan warga tertekan dan setres.  Apalagi nasib mereka kian tak menentu, menyusul belum ada progres pembangunan rumah mereka. Dari 1.200 unit rumah rusak akibat gempa, baru 8 unit rumah jenis Riko yang sudah terbangun.

Baca juga:  Wapres : Rehab-Rekon di NTB Harus Tertangani Tuntas

Kepala Dinas Kesehatan H. Rahman Sahnan Putra ditemui belum lama ini, mengatakan temuan di lapangan sampai saat ini masih ada 386 masyarakat yang positif malaria yang tetap diintervensi dengan pengobatan .“Masih tersisa kita temukan di 3 desa atau 6 dusun di wilayah Kerja Puskesmas Penimbung Kecamatan Gunungsari,” kata Rahman.

Desa-desa tersebut adalah Desa Bukit Tinggi mencakup satu dusun, yaitu Dusun Batu Kemalik. Desa berikutnya adalah Desa Mekar Sari yang mencakup 3 dusun, yaitu Dusun Ranjok Timur, Dusun Ranjok Barat, dan Dusun Malaka. Sisanya adalah Desa Gelangsar yang mencakup dua dusun, yaitu Dusun Lilir Utara dan Dusun Geripak. (her)